RATI NURAINI, 126205211056 (2025) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA KELAS ID MIN 3 TULUNGAGUNG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan Judul “Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa Kelas ID MIN 3 Tulungagung pada Pembelajaran Bahasa Indonesia” ditulis oleh Rati Nuraini, NIM 126205211056, Pembimbing Dr. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Hambatan Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Pembelajaran Bahasa Indonesia Komunikasi berperan sangat penting dalam membangun hubungan yang efektif. Penyimpangan bahasa banyak terjadi diberbagai kalangan dan menciptakan lingkungan dengan gaya bahasa yang kurang baik bagi siswa. Guru sebagai peran penggerak utama di dalam kelas memiliki pengaruh yang sangat besar atas komunikasi siswanya di kemudian hari. Komunikasi interpersonal yang dengan baik dapat memberikan dampak yang sangat signifikan dan dapat memengaruhi hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran serta gaya komunikasi siswa yang kurang baik dari faktor lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dan faktor penghambat komunikasi interpersonal antara guru dan siswa kelas 1 MI. Metode dari penelitian ini didasarkan pada data yang diperoleh dilapangan dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif deskkriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi rekam catat dan wawancara. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komunikasi interpersonal antara guru dan siswa berjalan dengan baik, efektif, dan dinamis. Sikap keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan terjadi selama proses pembelajaran sudah mulai terjalin dengan baik. Terdapat 47 tuturan yang menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal terjadi selama proses pembelajaran tersebut. (2) Faktor penghambat komunikasi saat pembelajaran yaitu terdiri dari hambatan fisik (kebisingan dan kondisi kelas), psikologis (rasa malu dan kurang percaya diri), serta semantik (pengaruh bahasa ibu). Guru memiliki peran penting dalam mengatasi hambatan tersebut dengan membangun komunikasi yang empatik, terbuka, dan menyesuaikan strategi pembelajaran dengan kondisi siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211056 RATI NURAINI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 04:42 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 04:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |