YAYANG DIYAH ASMARA PUTRI, 12204193120 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH WATULIMO. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (634kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (701kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (875kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta motivasi siswa yang menurun dikarenakan model pembelajaran masih konvensional. Salah satu alternatif model pembelajaran yang cocok untuk digunakan adalah model pembelajan Game Based Learning berbantuan Kahoot. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar karena proses pembelajaran yang interaktif serta menyenangkan siswa. Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Watulimo (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Watulimo dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Watulimo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian adalah kuasi eksperimen. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII. Dua kelas yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang berjumlah 20 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji validasi, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan jenis Uji T dan uji lanjut menggunakan jenis Uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Watulimo (2) ada pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Watulimo dan (3) ada pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan Kahoot terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Watulimo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193120 YAYANG DIYAH ASMARA PUTRI |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 07:02 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |