ICHA SALMAA IBNU HAJAR, 12206183039 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA EMOSI ANAK USIA DINI DI RA HALIMAH ASSA’DIYAH BUNTARAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengelola Emosi Anak Usia Dini di RA Halimah Assadiyah Buntaran Tulungagung” ini ditulis oleh Icha Salmaa Ibnu Hajar, NIM.12206183039, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh M. Ridlo Al qodri Sri Utomo M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, emosi Anak usia Dini Perkembangan emosional anak usia dini merupakan aspek krusial yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran dan pembentukan karakter di masa depan. Pada lingkungan lembaga pendidikan seperti RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung, guru memiliki peran sentral sebagai fasilitator sekaligus pengelola dinamika emosi anak yang masih rentan dan sedang tumbuh. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, (1) Apa saja persoalan emosi yang dialami siswa di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung?, (2) Bagaimana strategi guru dalam mengelola emosi anak usia dini di RA Halimah Assa'diyah Buntaran Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengelola emosi anak usia dini di RA Halimah Assa’diyah Buntaran Tulungagung. Fokus utama penelitian meliputi identifikasi bentuk-bentuk emosi yang dialami anak dalam proses pembelajaran serta pendekatan yang digunakan oleh guru dalam mendampingi anak mengelola emosi tersebut secara sehat dan konstruktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) anak-anak usia dini di RA Halimah Assa’diyah menampilkan ekspresi emosi yang beragam, seperti rasa cemas, takut, marah, dan sedih, yang merupakan bagian dari proses perkembangan psikososial yang wajar. Guru memberikan respons yang penuh empati dan menggunakan strategi yang bersifat mendukung, seperti pemberian afirmasi positif, pendekatan personal, permainan ekspresif, dan pembiasaan dialog reflektif. (2) Strategi tersebut membantu anak mengenali, memahami, dan menyalurkan emosi mereka secara tepat, serta mendorong terbentuknya keterampilan regulasi emosi sejak dini. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pengelolaan emosi anak usia dini memerlukan pendekatan yang bersifat kontekstual, hangat, dan berkelanjutan. Peran guru sebagai pendamping emosional sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan mendukung tumbuh kembang anak secara holistik atau menyeluruh.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183039 ICHA SALMAA IBNU HAJAR |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:50 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |