ELA USWATUN HASANAH, 126201212141 (2025) PENGARUH METODE STUDENT CENTERED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTSN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengaruh Metode Student Centered Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek" ditulis oleh Ela Uswatun Hasanah, NIM. 126201212141, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Student Centered Learning, Keaktifan, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi pembelajaran yang sering kali bersifat pasif dan kurang relevan dengan kebutuhan peserta didik, terutama dalam mata pelajaran Fikih. Penyebab utamanya adalah penggunaan metode pengajaran konvensional yang masih berpusat pada pendidik, sehingga peserta didik tidak terlibat aktif dalam proses belajar. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan pendekatan yang lebih inovatif, yakni metode student centered learning yang berlandaskan pada teori konstruktivisme.Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah terdapat pengaruh antara metode student centered learning terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek? (2) apakah terdapat pengaruh antara metode student centered learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek? (3) apakah terdapat pengaruh antara metode student centered learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek?.Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis pengaruh antara metode student centered learning terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek. (2) Untuk menganalisis pengaruh antara metode student centered learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek. (3) Untuk menganalisis pengaruh antara metode student centered learning terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di MTsN 2 Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dengan desain One-Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas yaitu VIII A yang terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode student centered learning dan variabel terikat yaitu keaktifan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini yaitu (1) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 ≤ 0,05, sehingga
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212141 ELA USWATUN HASANAH |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:21 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60949 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |