RAHMANITA NURADIANI, 126308212174 (2025) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KECEMASAN UJIAN PRAKTIK PADA SISWA DI SMK NEGERI 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (618kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Ujian Praktik pada Siswa SMK Negeri 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Rahmanita Nuradiani, NIM. 126308212174, dengan pembimbing/promotor Germino Wahyu Broto, M.Si Kata Kunci: Efikasi Diri, Kecemasan Ujian Praktik. Penelitian ini berakar dari suatu fenomena yang terjadi pada siswa yang akan melaksanakan ujian di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Bagi siswa SMK, bentuk evaluasi yang digunakan tidak hanya berupa ujian tertulis tetapi juga ujian praktik yang menuntut mereka untuk menunjukkan keterampilan sesuai dengan jurusan mereka. Namun, dalam pelaksanaan ujian praktik tersebut tidak sedikit siswa yang mengalami hambatan psikologis berupa kecemasan. Tujuan penelitian ini diharapkan bisa membantu untuk membuktikan literatur mengenai pengaruh efikasi diri teradap kecemasan dalam konsteks pendidikan vokasional. Dan juga dapat digunakan oleh guru dan konselor sekolah dalam merancang strategi peningkatan efikasi diri dalam menurunkan tingkat kecemasan siswa saat ujian praktik. Metode penelitian dengan menggunakan desain kuantitatif causal comparative, bertujuan untuk mengenali dampak antara dua variabel, yaitu efikasi diri sebagai variabel independen dan kecemasan sebagai variabel dependen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi linier sederhana, yang digunakan untuk mengidentifikasi pengaruh pada variabel independen yaitu efikasi diri dan variabel dependen yaitu kecemasan. Temuan dari studi ini mengindikasikan bahwa terdapat dampak negatif yang signifikan antara efikasi diri dan kecemasan yang siswa alami selama ujian praktik, ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat efikasi diri siswa, maka semakin rendah tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian praktik. R Square diperoleh 14,1 %, sedangkan 85,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308212174 RAHMANITA NURADIANI |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60968 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |