ANALISIS METAKOGNISI DALAM BERHITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII MTsN 8 TULUNGAGUNG

ANDAI NOVITA SARI, 126204211005 (2025) ANALISIS METAKOGNISI DALAM BERHITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (455kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Metakognisi dalam Berhitung Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Andai Novita Sari, NIM 126204211005, Pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci : Metakognisi, Berhitung, Bentuk Aljabar Metakognisi merupakan kesadaran seseorang tentang bagaiamna proses berpikirnya serta mampu untuk mengendalikan proses berpikirnya, yang mencakup perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam pembelajaran matematika, khususnya berhitung bentuk aljabar, metakognisi berperan penting dalam membantu siswa memahami konsep, memilih strategi yang tepat, serta mengoreksi kesalahan dalam proses perhitungan. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui metakognisi siswa kelas VII MTsN 8 Tulungagung dalam berhitung bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metakognisi siswa berdasarkan dari tingkat kemampuan matematika siswa, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Metakognisi siswa diamati menggunakan acuan indikator kesadaran siswa terhadap proses dan hasil berpikirnya dalam merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi pada setiap langkah yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di MTsN 8 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan matematika siswa. Tes yang diberikan adalah tes yang berkaitan dengan masalah berhitung bentuk aljabar. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui bagaimana metakognisi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi cenderung memiliki kesadaran metakognisi yang baik, ditandai dengan perencanaan strategi yang matang, pemantauan proses secara sistematis, serta evaluasi hasil yang teliti. Siswa dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan pemahaman metakognisi yang masih belum maksimal atau masih pada tahap berkembang, dimana siswa mampu menggunakan strategi dasar, sudah konsisten dalam pemantauan namun kurang konsinten melakukan evaluasi. Sementara itu, siswa dengan kemampuan matematika rendah cenderung mengalami kesulitan dalam mengontrol dan mengevaluasi proses berhitung mereka, sehingga sering melakukan kesalahan yang tidak disadari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211005 ANDAI NOVITA SARI
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:04
Last Modified: 15 Aug 2025 03:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61045

Actions (login required)

View Item View Item