ARUM DWI WIJAYANTI, 126306211008 (2025) PENGARUH INTENSITAS BERMAIN DAN TIPE GAME ONLINE TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 TULUNGAGUNG (Studi Survei). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Intensitas Bermain dan Tipe Game Online Terhadap Kesehatan Mental Siswa Kelas VIII di SMPN 3 Tulungagung: Studi Survei” ditulis oleh Arum Dwi Wijayanti dengan NIM. 126306211008. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Firstalenda Susgaleni, M.Pd. Kata kunci: Intensitas Bermain, Tipe Game Online, dan Kesehatan Mental Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan antara intensitas bermain game online terhadap kesehatan mental siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung, serta mengkaji jenis game yang dapat memengaruhi kesehatan mental siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan subjek sebanyak 75 siswa terdiri dari 2 kelas. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII-8 dan VIII-11. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 26. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan, intensitas bermain dan tipe game online berpengaruh signifikan terhadap kesehatan mental dengan nilai F sebesar 3,498 dan Sig. 0,036 (p < 0,05). Secara parsial, variabel intensitas bermain memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan mental dengan nilai t sebesar 2,246 dan Sig. 0,028. Begitu pula dengan tipe game online, yang menunjukkan nilai t sebesar 2,560 dan Sig. 0,013. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y = 19,949 + 0,072X1 + 0,078X2 yang menunjukkan bahwa baik intensitas bermain maupun tipe game online berkontribusi positif terhadap kesehatan mental, meskipun dalam batas tertentu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa intensitas bermain dan tipe game online berpengaruh secara signifikan terhadap kesehatan mental siswa kelas VIII di SMPN 3 Tulungagung. Oleh karena itu, penting bagi orang tua, guru, dan konselor untuk mengawasi dan membimbing aktivitas bermain game agar tidak berdampak negatif pada kondisi psikologis siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306211008 ARUM DWI WIJAYANTI |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 02:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 02:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |