POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN BOTOK

MUHAMAD ARIF SANTOSO, 17201163263 (2023) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN BOTOK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pola Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok” ditulis oleh Muhamad Arif Santoso, NIM. 17201163263, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Hj. ST. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci: Pola Komunikasi Interpersonal, Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kurangnya minat belajar dari peserta didik, padahal minat belajar sendiri mempunyai peranan penting dalam keberlangsungan pembelajaran peserta didik, selain itu juga dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didiknya. Sehingga diharapkan pola komunikasi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar ini dapat membantu peserta didik di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok untuk lebih mudah dalam berkomunikasi. Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam membangun pola komunikasi interpersonal satu arah dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok? (2) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam membangun pola komunikasi interpersonal dua arah dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok? (3) Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam membangun pola komunikasi interpersonal multi arah dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok? (4) Bagaimana tingkat minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok? Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Program Unggulan Botok menggunakan pendekatan penelitian mixed method terutama startegi eksploratoris sekuensial. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi dan juga menyebarkan angket. Dalam menganalisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan sedangkan menganalisis data kuantitaif menggunakan kuesioner angket. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Pola komunikasi interpersonal satu arah digunakan oleh guru PAI di berbagai kesempatan yakni pola komunikasi roda di mana guru berperan sebagai pusat penggerak kerika pembelajaran sedang berlangsung. (2) Pola komunikasi interpersonal dua arah digunakan oleh guru PAI dengan menggunkan pola komunikasi rantai sebagai respon untuk menjawab berbagai feedback berupa ide, gagasan atau pertanyaan yang muncul dari para siswa. (3) Pola komunikasi interpersonal multi arah xiii digunakan dalam berbagai kesempatan yakni dengan menggunakan pola bintang dalam pembelajaran PAI, pemberian tanggapan pada saat presentasi, dan dalam kesempatan berdiskusi dengan kelompok kecil yang sudah dibentuk dalam kelas dan guru sebagai pengontrol penuh jalan pembelajaran dan pola lingkaran yang direpresantikan dengan diskusi di dalam kelas antara siswa dengan siswa dan guru hanya sebagai pengamat atau fasilitator ketika berjalannya diskusi. (4) Serta tingkat minat belajar peserta didik yang tinggi dalam mengikuti pola komunikasi guru baik dalam satu arah, dua arah ataupun multi arah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Komunikasi Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163263 MUHAMAD ARIF SANTOSO
Date Deposited: 25 Aug 2025 01:33
Last Modified: 25 Aug 2025 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61068

Available Versions of this Item

  • POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH PROGRAM UNGGULAN BOTOK. (deposited 25 Aug 2025 01:33) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item