IMAM SAIFUDIN, 2811133107 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI KEGIATAN DINIYAH DI SMPN 3 TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (517kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (325kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (114kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
Abstract
ABSTRAK Imam Saifudin, NIM. 2811133107 dengan judul “Strategi Pembelajaran yang Diterapkan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Kegiatan Diniyah di SMPN 3 Tugu Trenggalek” Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, Pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pendidikan Islam yang dihadapkan pada zaman modern diantaranya adalah maraknya berbagai macam teknologi yang semakin canggih, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan peserta didik dalam belajar, khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Di SMPN 3 Tugu terdapat banyak siswa yang masih kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor baik intern maupun ekstern. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi guru PAI melalui kegiatan Madrasah Diniyah setelah sepulang sekolah secara bergantian dalam setiap kelas dengan harapan memberikan dorongan penuh kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tahapan-tahapan strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa melalui kegiatan Diniyah di SMPN 3 Tugu Trenggalek?. 2) Bagaimana jenis-jenis strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa melalui kegiatan Diniyah di SMPN 3 Tugu Trenggalek?. 3) Bagaimana faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa melalui kegiatan Diniyah di SMPN 3 Tugu Trenggalek? Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Persiapan yang dilakukan oleh guru PAI dan Ustad Diniyah SMPN 3 Tugu adalah memperhatikan tujuan yang akan dicapai dan karakteristik bidang studi, menganalisis materi pelajaran, memilih serta mengurutkan materi apa yang akan disampaikan. Menerapkan strategi pembelajaran, menetapkan metode dan media apa yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dalam mengimplementasikan strategi yang sudah terkonsep yaitu didasarkan pada situasi dan kondisi. Dan mengevaluasi hasil belajar siswa untuk mendapatkan data seberapa jauh efektifitas dan efisiensi strategi terhadap peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an siswa di SMPN 3 Tugu Trenggalek. (2) Jenis-jenis Strategi Yang Diterapkan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Melalui Kegiatan Diniyah di SMPN 3 Tugu Trenggalek adalah yaitu ada dua strategi inkuiri (inquiry strategy) dan strategi ekspositori (ekspository strategy). (3) Faktor-Faktor Yang Mendukung Dan Menghambat Strategi Yang Diterapkan Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Melalui Kegiatan Diniyah Di SMPN 3 Tugu Trenggalek adalah datang dari siswanya sendiri misalnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan sehingga mereka lebih disiplin mengikuti proses pembelajaran. Dan begitu juga sebaliknya jika siswa kelelahan biasanya siswa pasif dalam proses pembelajaran. Dan ditambah lagi kehadiran guru yang kurang disiplin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133107 IMAM SAIFUDIN |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 04:01 |
Last Modified: | 25 Sep 2017 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6108 |
Actions (login required)
View Item |