DYAH AYU FITRIARUM KIRANA, 126205211023 and MUH. NURUL HUDA, 197404082007011003 (2025) PERAN GURU SEBAGAI PEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDIT AL-ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Sebagai Pembina Akhlak Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Profil Pelajar Pancasila di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Dyah Ayu FitriArum Kirana, NIM. 126205211023, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Peran guru, Akhlak Kejujuran, Akhlak Keadilan, Akhlak Toleransi, Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran akan pentingnya kejujuran, ketidakadilan dalam kerja kelompok, serta rendahnya toleransi dalam interaksi sosial. Oleh karena itu, peran guru sebagai pembina sangat krusial dalam membimbing siswa agar tidak hanya memahami, tetapi juga mengamalkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peran guru sebagai pembina nilai kejujuran peserta didik melalui mata pelajaran Profil Pelajar Pancasila di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui peran guru sebagai pembina nilai keadilan peserta didik melalui mata pelajaran Profil Pelajar Pancasila di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui peran guru sebagai pembina nilai toleransi peserta didik melalui mata pelajaran Profil Pelajar Pancasila di SDIT Al-Asror Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data atau kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, dan ketekunan. Hasil Penelitian : 1) Dalam proses pembelajaran guru membentuk nilai kejujuran melalui kontrak belajar. Dengan menerapkan kejujuran dalam kontrak belajar, siswa belajar untuk bertanggung jawab terhadap tugas dan komitmen mereka, sehingga tercipta budaya saling percaya antara guru dan siswa. 2) Guru menanamkan nilai keadilan dengan memastikan kesetaraan dalam ibadah dan pembelajaran serta mengajarkan siswa untuk memperlakukan teman tanpa diskriminasi. Pembelajaran berbasis proyek, seperti membuat bunga dari barang bekas, melatih kerja sama dan kesadaran akan peran masing-masing dalam kelompok. 3) Guru menanamkan sikap toleransi dengan melatih siswa bekerja sama dalam berbagai kegiatan kelompok dan menghargai perbedaan pendapat. Selain itu, guru memberikan ruang diskusi yang aman serta mengenalkan perbedaan dalam praktik ibadah untuk menanamkan sikap menghormati keberagaman. Dengan memahami bahwa perbedaan adalah kekayaan, siswa menjadi lebih peduli, menghormati sesama, dan melihat keberagaman sebagai elemen yang memperkaya pengalaman hidup.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211023 DYAH AYU FITRIARUM KIRANA |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:27 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61187 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |