NUR MUHAMMAD ANWARI, 126306212074 and SRI AJENG KUSUMANINGRUM, 199212311992122145 (2025) EFEKTIFITAS TEKNIK SELF-TALK DALAM MENINGKATKAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS XI SMAN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text
DAFTRA ISI.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul "Efektivitas Teknik Self-Talk dalam Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Kelas XI SMAN 1 Kauman" ditulis oleh Nur Muhammad Anwari. NIM 126306212074. Program Studi Bimbingan Konseling Islam. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing Sri Ajeng Kusumaningrum, M. Pd. Kata Kunci: Self-talk, Self-efficacy, Konseling Kelompok Self-efficacy yang rendah pada siswa dapat berdampak pada kurangnya kepercayaan diri, ketidaksiapan menghadapi tantangan, dan kecenderungan menghindari tugas-tugas akademik, seperti menunda mengerjakan tugas, enggan maju presentasi, hingga mencontek. Hal ini menjadi perhatian penting dalam upaya pengembangan potensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik self-talk dalam meningkatkan self-efficacy siswa kelas XI SMAN 1 Kauman. Self-efficacy merupakan keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang memiliki tingkat self-efficacy rendah berdasarkan hasil pretest. Intervensi dilakukan melalui konseling kelompok menggunakan teknik self-talk selama empat sesi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner self-efficacy yang disusun berdasarkan teori Bandura. Hasil analisis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada skor self-efficacy siswa setelah diberikan intervensi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,027 (< 0,05). Selain itu, skor rata-rata N-Gain sebesar 0,760 menunjukkan peningkatan yang tergolong tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik self-talk efektif dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan self-efficacy siswa, terutama dalam hal kepercayaan diri dan keberanian menghadapi tugas. Kata Kunci: Self-talk, Self-efficacy, Konseling Kelompok
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306212074 NUR MUHAMMAD ANWARI |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 06:41 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 06:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |