STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA di MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

ZIYANA KHOIRUL FAIZAH, 17205163269 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA di MI PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Khoirul Faizah, Ziyana. NIM. 17205163269. 2021. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Plus Al-Istigotsah Panggungrejo Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: H. Muh Nurul Huda, M.A. Kata kunci: Strategi Guru, Kesulitan belajar, Mata Pelajaran Matematika Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Pendidikan amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada disekolah maupun lingkungan rumah atau keluarganya sendiri. Berbagai strategi dilakukan oleh guru untuk mempermudah siswa dalam mengatasi kesulitan matematika yang dialami. Kesulitan belajar dapat menjadi hambatan dalam proses mencapai hasil belajar siswa. Sehingga prestasi yang dicapainya terhambat. Matematika menjadi salah satu pelajaran yang memiliki materi yang sulit dimengerti sehingga siswa mengalami kesulitan belajar. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Apakah jenis kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran Matematika di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Matematika di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekata kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Madrasah Ibtidaiyah Plus Al-Istigotsah Panggungrejo Tulungagung. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi,wawancara. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan teknik pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra penelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan penelitian. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika dengan mengetahui dan melakukan diagnosis kesulitan belajar pada mata pelajaran matematika siswa, guru mengetahui dan menganalisis faktor penyebab dari kesulitan siswa, guru melakukan kegiatan bimbingan belajar tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, serta guru melakukan komunikasi yang intensif dengan orangtua siswa untuk menceritakan masalah yang dialami siswanya. Sehingga dalam mengatasi kesulitan belajar matematika dapat teratasi dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163269 ZIYANA KHOIRUL FAIZAH
Date Deposited: 01 Sep 2025 08:44
Last Modified: 01 Sep 2025 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61550

Actions (login required)

View Item View Item