ALFI NUR FAUZIAH, 126306201040 and FEBRANTI PUTRI NAVION, 199009212019032026 (2025) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 6 KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (697kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (173kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri” ditulis oleh Alfi Nur Fauziah NIM 126306201040, Dosen pembimbing Febranti Putri Navion, M.Pd Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Falkutas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Tahun 2025. Pendidikan adalah upaya yang disengaja dan sistematis yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar dan memfasilitasi proses dimana siswa secara aktif mengembangkan kapasitas bawaan mereka untuk memiliki ketabahan agama dan spiritual, pengaturan diri, individualitas, kecerdasan, etika yang baik, dan kompetensi yang diperlukan. demi kemajuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Guru BK dan siswa di SMA Negeri 6 Kota Kediri. Data dianalisis secara mendalam untuk menggambarkan peran Guru BK dalam membangun perencanaan karir siswa, khususnya melalui kegiatan bimbingan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru BK sangat signifikan dalam membangun perencanaan karir siswa. Guru BK tidak hanya bertindak sebagai informator yang memberikan informasi tentang pentingnya kedisiplinan belajar dan strategi belajar efektif, tetapi juga sebagai motivator yang mendorong siswa melalui pujian, penghargaan, dan kesempatan untuk memimpin. Sebagai fasilitator, Guru BK menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyediakan fasilitas belajar yang mendukung. Sebagai mediator, Guru BK membantu menyelesaikan konflik yang dapat mengganggu proses belajar dan perencanaan karir siswa. Selain itu, Guru BK juga berperan sebagai pengarah dengan membantu siswa menetapkan tujuan belajar yang selaras dengan aspirasi karir mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa bimbingan klasikal tidak hanya berfokus pada pengembangan akademik, tetapi juga pada pengembangan potensi diri siswa secara menyeluruh. Kata kunci : Peran Guru BK, Kedisiplinan Belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306201040 ALFI NUR FAUZIAH |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:26 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |