MUHAMMAD HAYYIN SUBKHI, 12405183272 and ALI MAULUDI, 197205012009011005 (2023) STRATEGI PEMASARAN SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA USAHA DAGANG TIRTA SAMUDRA KECAMATAN WATULIMO KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (802kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UD. Tirta Samudra Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Muhammad Hayyin Subkhi NIM: 12405183272, pembimbing Dr. Ali Mauludi. AC, MA. Latar belakang penelitian ini yaitu banyaknya pengusaha pemindangan yang ada di Watulimo menimbulkan persaingan yang besar. Tidak sedikit pengusaha pemindangan yang tutup karena penjualan terus menurun. Dalam usaha Pemindangan dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk memaksimalkan setiap peluang, sehingga menuntut pemilik usaha menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu strategi pemasaran yang tepat yaitu bauran pemasaran 7P untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mendiskripsikan strategi 7P dalam meningkatkan volume penjualan yang dilakukan oleh UD. Tirta Samudra. 2) Untuk mendiskripsikan kendala dan solusi penerapan strategi 7P dalam meningkatkan volume penjualan yang dilakukan oleh UD. Tirta Samudra, dan 3) Untuk mendeskripsikan perubahan setelah menerapkan strategi 7P dalam meningkatkan volume penjualan yang dilakukan oleh UD. Tirta Samudra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. selanjutnya untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan; perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian serta triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: Strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan volume penjualan oleh UD. Tirta Samudra ialah bauran pemasaran 7P yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Produk yang dijual bervarian dan mengutamakan kualitas produk. Harga yang ditetapkan cukup terjangkau. Tempatnya sangat strategis dan jangkauan distribusi sampai luar kota. Promosi yang dilakukan masih kurang maksimal di media sosial. Proses penyajian produk dilakukan dengan rapi dan bersih. Bukti fisik peralatan dalam produksi maupun fasilitas untuk karyawan sudah lengkap. Kendala yang dihadapi oleh UD. Tirta Samudra yaitu: harga bahan baku atau pokok naik, promosi melalui media sosial belum maksimal, dan faktor cuaca atau musim. Solusi yang dilakukan oleh pihak UD. Tirta Samudra untuk menghadapi kendala yang terjadi yaitu: Melakukan efiesiensi dengan mengurangi porsi produk yang dijual dengan catatan kualitas dan harga produk tetap sama, dalam hal promosi pemilik, pengelola dan karyawan masih belajar cara mengoperasikan media sosial, dan pada kendala musim, pemilik mengantisipasi dengan cara memproduksi pindang jenis tergantung musim ikan. Perubahan atau dampak dari penerapan strategi bauran pemasaran 7P yang dilakukan oleh pihak UD. Tirta Samudra berhasil meningkatkan volume penjualan pada empat bulan terakhir. Kata kunci: Strategi Pemasaran Syariah, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Manajemen Syariah Ekonomi > Strategi Pemasaran Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183272 MUHAMMAD HAYYIN SUBKHI |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:40 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61698 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |