KEBERLANGSUNGAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Kasus di SMAN 1 Kalidawir)

MUHAMMAD FATONI ISHAQ, 126201212120 and AHMAD NATSIR, 198706022020121008 (2025) KEBERLANGSUNGAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Kasus di SMAN 1 Kalidawir). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (554kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (467kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keberlangsungan pembelajaran agama Islam menjadi isu penting dalam menjaga eksistensi nilai-nilai Islam di tengah perubahan zaman. Fenomena menurunnya eksistensi lembaga pendidikan Islam yang cukup terkenal di Indonesia yaitu pondok pesantren di beberapa daerah, termasuk di lingkungan peneliti, menunjukkan adanya tantangan dalam menjaga keberlangsungan pendidikan agama. Sebaliknya, SMAN 1 Kalidawir sebagai sekolah umum justru menunjukkan upaya yang cukup baik dalam menjaga keberlangsungan pembelajaran pendidikan agama Islam. Berdasarkan hal tersebut Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana guru mempertahankan pembelajaran dalam mewujudkan keberlangsungan pembelajaran agama Islam di SMAN 1 Kalidawir, (2) Bagaimana guru mengadaptasi pembelajaran dalam mewujudkan keberlangsungan pembelajaran agama Islam di SMAN 1 Kalidawir, (3) Bagaimana hasil dari keberlangsungan pembelajaran agama Islam di SMAN 1 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru PAI mempertahankan keberlangsungan pembelajaran dengan mempersiapkan perangkat ajar secara menyeluruh, Metode pembelajarannya bervariasi dan fleksibel, seperti ceramah, diskusi, presentasi, dan praktik sesuai materi dan kondisi siswa. Guru juga rutin menanamkan nilai-nilai religius melalui doa, membaca Al-Qur’an, dan yel-yel Islami. Evaluasi dilakukan secara menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. (2) Guru PAI beradaptasi dengan perkembangan zaman dan karakter siswa melalui pemanfaatan teknologi digital, seperti video YouTube dan aplikasi Al-Qur’an digital. Metode pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan siswa, seperti pembagian kelompok yang seimbang dan penggunaan ice breaking serta yel-yel untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru juga menerapkan pendekatan personal dengan mengenali nama dan latar belakang siswa untuk membangun kedekatan emosional. (3) Keberlangsungan pembelajaran Agama Islam di SMAN 1 Kalidawir terlihat dari berbagai kegiatan keagamaan yang rutin, seperti sholat berjamaah, Jumat Berkah, baca tulis Al-Qur’an, pondok Ramadhan, dan ekstrakurikuler hadrah. Kurikulum PAI mengikuti Kurikulum Merdeka yang diterapkan melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan di luar kelas. Sekolah juga bekerja sama dengan lembaga keagamaan eksternal seperti LP Ma’arif MWC NU Kalidawir untuk memperkuat nilai-nilai agama dan karakter siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212120 MUHAMMAD FATONI ISHAQ
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:56
Last Modified: 09 Sep 2025 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61706

Actions (login required)

View Item View Item