MUKARROMATUN NI'MAH, 126211212037 and DESYANA OLENKA MARGARETTA, 199012162018012001 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTs. MA’ARIF UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Mukarromatun Ni’mah, NIM. 126211212037, Jurusan Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Motivasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Getaran, Gelombang Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Fisika (IPA) yang masih berpusat pada guru (teacher center), di mana guru masih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, sementara siswa seharusnya lebih aktif dalam menggali informasi. Siswa cenderung hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh guru tanpa berinisiatif untuk mencari atau mengeksplorasi lebih lanjut. Hal ini menyebabkan kurangnya interaksi antara guru dan siswa serta menjadikan proses pembelajaran monoton. Siswa juga cenderung mudah merasa bosan, membentuk forum sendiri yang tidak berhubungan dengan materi, serta tidak menunjukkan rasa penasaran atau keingintahuan terhadap topik yang dibahas, sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Rendahnya motivasi belajar ini juga berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa yang belum berkembang optimal. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa indikator, antara lain : siswa kesulitan dalam mengidentifikasi permasalahan dalam fenomena getaran dan gelombang, tidak mampu mengaitkan konsep-konsep yang saling berkaitan, jarang mengajukan pertanyaan mendalam, kurang mampu menganalisis data atau hasil percobaan, serta kurang dalam menarik kesimpulan berdasarkan bukti yang ada. Dengan demikian, diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa dan mendorong berkembangnya kemampuan berpikir kritis, khususnya dalam memahami konsep pada materi getaran dan gelombang. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipilih adalah quasi experiment dan desain penelitiannya adalah post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Udanawu Blitar yang berjumlah 366 siswa dan sampel penelitiannya adalah kelas VIII-I berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-H berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat penelitian menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.009. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.012. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikansi sebesar 0.002. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah “Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII di MTs. Ma’arif Udanawu Blitar”.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211212037 MUKARROMATUN NI'MAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:00 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |