ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA

RANINDYA MEIFIAREGI, 126212211025 and ALI AMIRUL MU’MININ, 198504262023211016 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (971kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi dan sains menuntut dunia pendidikan di Indonesia untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara mencapainya adalah melalui literasi sains, yakni kemampuan memahami konsep ilmiah dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, literasi sains siswa di Indonesia masih rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh skor Program for International Student Assessment (PISA). Rendahnya literasi sains ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk gaya belajar siswa yang seringkali tidak sesuai dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan. David Kolb mengemukakan bahwa setiap jenis gaya belajar memiliki cara sendiri-sendiri untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa pada materi kesetimbangan kimia. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa ditinjau dari gaya belajar yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ex post facto kausal komparatif yang meneliti adakah perbedaan kemampuan literasi sains ditinjau dari gaya belajar tanpa adanya perlakuan yang diberikan oleh peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-A1 dan XI-A4 yang berasal dari populasi kelas XI SMA Negeri 1 Pakel berjumlah 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan siswa telah mempelajari materi kesetimbangan kimia serta kelas memiliki kondisi homogen secara akademik. Instrumen yang digunakan yaitu lembar soal kemampuan literasi sains, angket gaya belajar, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data hasil penelitian menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Profil kemampuan literasi sains siswa masih tergolong rendah yaitu dengan rata-rata nilai 58. 2) Untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidak antara kemampuan literasi sains dengan gaya belajar didasarkan pada hasil uji ANOVA satu arah yang menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,115 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa ditinjau dari gaya belajar yang berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Kimia
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211025 RANINDYA MEIFIAREGI
Date Deposited: 17 Sep 2025 03:17
Last Modified: 17 Sep 2025 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61775

Actions (login required)

View Item View Item