PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN KOTA BLITAR

MOCHAMAD TRISNA MUSTOFA, 126201211043 and KHUSNUL MUFIDATI, 198908232023212042 (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Kota Blitar” ditulis oleh Mochamad Trisna Mustofa, NIM 126201211043, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Khusnul Mufidati, S.Sy, M.Pd.I Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum Merdeka, Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum merdeka memberikan kebebasan kepada guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Guru dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hal ini menjadi solusi dari kurikulum sebelumnya yang memiliki beberapa permasalahan seperti kegiatan pembelajaran yang kaku dan monoton. Dengan hadirnya kurikulum merdeka ini, diharapkan dapat menjadikan pembelajaran seperti sejarah kebudayaan islam dapat lebih menarik dan interaktif. Seorang guru memiliki cara atau pola yang berbeda-beda dalam menerapkan kurikulum merdeka yang disesuaikan pada situasi dan kondisi peserta didik serta pemahaman terhadap kurikulum itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pola penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan model project based learning di MAN Kota Blitar. 2) Mendeskripsikan pola penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan model reflektif di MAN Kota Blitar. 3) Mendeskripsikan pola penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah kebudayaan islam dengan model problem based learning di MAN Kota Blitar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data melalui kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data melalui triangulasi data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, 1) perencanaan pembelajaran dengan model project based learning adalah mengikuti sosialisasi dan diklat, menyusun modul, dan merencanakan produk. Pelaksanaan dengan membentuk kelompok, membuat produk, dan presentasi. Asesmen berupa formatif melalui proses pembuatan produk dan performa presentasi serta asesmen sumatif melalui hasil produk. 2) perencanaan pembelajaran dengan model reflektif adalah mengidentifikasi pertemuan terakhir. Pelaksanaan dengan menuliskan pemahaman terhadap materi dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Asesmen berupa asesmen formatif melalui tanya jawab. 3) perencanaan pembelajaran dengan model problem based learning adalah membuat modul ajar dan mengidentifikasi berita/isu kekinian. Pelaksanaannya dengan membentuk kelompok diskusi, menampilkan berita/isu melalui LCD, presentasi hasil diskusi. Asesmen berupa asesmen formatif melalui proses diskusi dan performa presentasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211043 MOCHAMAD TRISNA MUSTOFA
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:20
Last Modified: 08 Sep 2025 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61809

Actions (login required)

View Item View Item