IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENANAMKAN SIKAP ANTI BULLYING PESERTA DIDIK DI SMK SORE TULUNGAGUNG

SITI KRODIATUL HASANAH, 126201201032 and IRMA FAUZIAH, 199312302020122019 (2024) IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DALAM MENANAMKAN SIKAP ANTI BULLYING PESERTA DIDIK DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Impementasi Sekolah Ramah Anak Dalam Menanamkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik di SMK SORE Tulungagung” ditulis oleh Siti Krodiatul Hasanah, NIM 126201201032, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Irma Fauziah, M.Pd Kata Kunci: Implementasi Sekolah Ramah Anak, Anti Bullying Penanaman sikap anti bully sangat penting dilakukan melihat maraknya kasus asusila dan kekerasan yang terjadi pada anak, hal ini menjadi alasan kuat dibutuhkannya perlindungan atas hak-hak anak. Sehubungan dengan hal ini, maka dibutuhkan revolusi pendidikan sebagai upaya pembaruan sistem pendidikan untuk dapat menciptakan lingkungan belajar yang mampu menghargai dan memenuhi hak anak. SMK SORE Tulungagung merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan program Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk merealisasikan hak anak atas pendidikan yang berkualitas. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana Konsep Provisi Sekolah Ramah Anak dalam Menanamkan Sikap Anti Bullying Peserta Didik di SMK SORE Tulungagung? (2) Bagaimana Konsep Proteksi Sekolah Ramah Anak dalam Mencegah Bullying Peserta Didik di SMK SORE Tulungagung? (3) Bagaimana Konsep Partisipasi Sekolah Ramah Anak dalam Menangani Bullying Peserta Didik di SMK SORE Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan Konsep Provisi, Proteksi dan Partisipasi yang merupakan Prinsip 3P dalam sekolah ramah anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan (Credibility), uji keteralihan (Tranferability), uji kebergantungan (Dependability), dan uji kepastian (Confirmability). Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep Provisi dalam pemenuhan hak anak di SMK SORE meliputi pemenuhan pada sarana prasarana dan perhatian terhadap proses pembelajaran. Implementasi penanaman sikap anti bullying dilaksanakan dengan menanamkan karakter kepada anak berupa sikap toleransi dan peduli terhadap sesama. (2) Konsep Proteksi dalam hak perlindungan anak di SMK SORE Tulungagung diwujudkan dalam kebijakan-kebijakan yang ada disekolah yaitu kebijakan anti kekerasan dan diskriminasi, anti narkoba, bebas rokok dan napza. Pelaksanaan pencegahan bullying dilakukan dengan pemberian motivasi dan edukasi terkait bully. (3) Konsep Partisipasi anak yaitu keterlibatan peserta didik dalam setiap pengambilan keputusan di sekolah meliputi aturan sekolah, kurikulum dan ekstrakurikuler. Penanganan terhadap bullying dilaksanakan dengan pemberian nasihat, mencari faktor penyebab bully, peningkatan kepercayaan diri, pemberian treatment, sanksi dan berkoordinasi dengan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201201032 SITI KRODIATUL HASANAH
Date Deposited: 10 Sep 2025 08:29
Last Modified: 10 Sep 2025 08:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61886

Actions (login required)

View Item View Item