PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG

VINA ANISATUL FAUZIAH, 126204213200 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Gambar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Vina Anisatul Fauziah, NIM. 126204213200, dengan pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Media Gambar, dan Pemahaman Konsep Matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang digunakan masih menggunnakan model pembelajaran konvensional yang biasanya berfokus pada pengertian kata-kata saja sehingga siswa menjadi pasif dan kesulitan untuk memahami konsep matematika. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran dan media yang tepat supaya pembelajaran berlangsung secara efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model problem based learning dan menggunakan media gambar. Problem based learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru sebagai fasilitator dengan pemberian masalah yang berhubungan dengan dunia nyata. Selain itu media gambar yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran dengan model problem based learning menjadikan siswa lebih mudah dalam memahami konsep matematika yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung, dan 2) mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya menggunakan metode Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII C dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji Effect Size Cohen's. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung, dan 2) besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media gambar terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII di MTs Darussalam Rejotangan Tulungagung adalah sebesar 1,126 yang termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213200 VINA ANISATUL FAUZIAH
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:22
Last Modified: 11 Sep 2025 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61901

Actions (login required)

View Item View Item