KHUSNUL KHOTIMAH, 12204193228 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 (2025) ETNOMATEMATIKA KESENIAN REBANA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (426kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Etnomatematika Kesenian Rebana pada Pembelajaran Matematika Sekolah” ini ditulis oleh Khusnul Khotimah, NIM 12204193228, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes.,Ph.D Kata Kunci: Etnomatematika, Kesenian Rebana, Pembelajaran Matematika. Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang diajarkan mulai dari sekolah menengah serta merupakan pelajaran wajib yang harus dipahami oleh peserta didik. Namun, karena pada umumnya konsep pembelajaran matematika sekolah diajarkan secara formal dan teoritis sehingga mempengaruhi minat siswa dalam mempelajari matematika, yang mengakibatkan siswa merasa bosan, ditambah dengan materi yang semakin sulit dan penerapannya jauh dari kehidupan sehari-hari. Buku ajar matematika yang digunakan pun kurang mengakomodisi kearifan lokal lingkungan sekitar karena digunakan secara Nasional. Salah satu upaya untuk mengatasi ketidaksesuaian materi pembelajaran adalah mengaitkannya dengan budaya peserta didik yang sering disebut dengan etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini : (1) mengetahui aktivitas matematika yang terdapat dalam kesenian rebana; (2) mengetahui unsur-unsur matematika yang terdapat pada kesenian rebana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 subjek yaitu seorang pengrajian hadrah dan seorang pelatih hadrah. Pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive sumpling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahap kondensasi data, pengelompokan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) aktivitas matematika yang terdapat pada kesenian rebana yaitu, aktivitas counting (membilang), aktivitas locating (menentukan lokasi), aktivitas measuring (mengukur), aktivitas designing (merancang), aktivitas playing (bermain), aktivitas explaining (menjelaskan); (2) unsur-unsur matematika yang terdapat pada kesenian rebana yaitu, (a) pada hadrah terdapat materi lingkaran yaitu, kelililing dan luas lingkaran serta panjang busur dan luas juring lingkaran, (b) pada calti terdapat materi bangun ruang yaitu, kerucut dan tabung, (c) pada rumus pukulan hadrah terdapat materi operasi bilangan bulat yaitu, penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Etnomatematika Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193228 KHUSNUL KHOTIMAH |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |