SITI CHOIROTUN NIKMATUS SOLECHAH, 2811133241 (2017) KREATIVITAS GURU FIQH DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MTS. DARUL HIKMAH TAWANGSARI KECAMATAN KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (184kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru Fiqh Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Di MTs Darul Hikmah Tawangsari Kecamatan Kedungwaru” ini ditulis oleh Siti Choirotun Nikmatus Solechah, Pendidikan Agama Islam, NIM: 2811133241, pembimbing: Hj. Indah Komsiyah, M.Pd Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dan fenomena bahwa saat ini mayoritas kreatifitas guru disekolah kurang maksimal apalagi dalam pemanfaatan sebuah media pembelajaran, dan metode yang digunakan oleh guru itu-itu saja seperti ceramah dan tanya jawab kalau media mungkin media kertas yang dianggap mudah. Pada umumnya kesulitan belajar merupakan suatu kondisi yang ditandai hambatan-hambatan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk mencegaah timbulnya kesulitan atau hambatan dalam belajar tersebut peserta didik serta orang-orang yang bertanggung jawab dalam pendidikan diharapkan dapat mengurangi timbulnya kesulitan tersebut. Maka dalam hal ini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di MTs. Darul Hikmah Tawangsari Kecamatan. Kedungwaru. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah kreatifitas guru Fiqh dalam pemanfaatan media pembelajaran visual di MTs Darul Hikmah Tawangsari? (2) Bagaimanakah kreatifitas guru Fiqh dalam pemanfaatan media pembelajaran audio visual di MTs Darul Hikmah Tawangsari?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kreatifitas guru Fiqh dalam pemanfaatan media pembelajaran visual di MTs Darul Hikmah Tawangsari dan untuk mendiskripsikan kreatifitas guru Fiqh dalam pemanfaatan media pembelajaran audio visual di MTs Darul Hikmah Tawangsari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru Fiqh dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog seara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atau display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Kreatifitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran di MTs Darul Hikmah Tawangsari yang meliputi penggabungan dua atau lebih media pembelajaran dalam satu kali proses pembelajaran, memanfaatkan sarana prasarana dengan semaksimal mungkin dengan menyesuaikan situasi dan kondisi siswa, di mana bentuk reativitas tersebut telah tergambar seperti ( gambar, poster, buku dan LCD proyektor). Pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. Media yang akan dipilih dalam proses pembelajaran itupun juga memerlukan perencanaan yang baik dalam pemanfaatan media pembelajaran audio visual. Cara memilih media pembelajaran dalam kegiatannya dikelas guru Fiqh di MTs Darul Hikmah Tawangsari memiliki dasar pertimbangan, seperti: 1) Sudah merasakan akrab dengan media yang dipilihnya, 2) Merasakan bahwa media yang dipilihnya dapat menggambarkan dengan lebih baik dari pada dirinya sendiri, 3) Media yang dipilihnya dapat menarik minat dan perhatian peserta didik, serta menuntutnya pada penyajian yang lebih terstruktur dan terorganisir, 4) Ingin memberi gambaran yang lebih jelas dan lebih kongkrit Untuk menggunakan media pembelajaran guru Fiqh memakai media pembelajaran tergantung kondisi pelajaran yang akan diajarkan, ada kalanya untuk beberapa media pembelajaran, media yang biasa dipakai adalah media yang berbasis audio visual seperti, film, vidio, leptop, LCD proyektor sehingga lebih menarik minat siswa dalam pembelajaran sebenarnya hanya terdapat beberapa faktor yang kurang berjalannya pemanfaatan media pembelajaran ada dua faktor yang pertama faktor pendukungnya ialah, fasilitas atau sarana prasarana dan adanya minat belajar dari siswa kemudian ada faktor penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran yaitu, waktu pembelajaran yang kurang optimal dan terbatasnya media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133241 SITI CHOIROTUN NIKMATUS SOLECHAH |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 03:04 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6193 |
Actions (login required)
View Item |