STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DALAM UPAYA MENARIK MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI NANGKULA PARK TULUNGAGUNG

DHEA FEBTY EDNAWENINDA, 126407211006 and YOYOK SETIAWAN, 9846762663130272 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DALAM UPAYA MENARIK MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI NANGKULA PARK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Wisata dalam Upaya Menarik Minat Kunjungan Wisatawan di Nangkula Park Tulungagung” ini ditulis oleh Dhea Febty Ednaweninda, NIM. 126407211006, dengan pembimbing Yoyok Setiawan, M.M. Kata Kunci: Strategi, pengembangan wisata, minat kunjungan wisatawan. Nangkula Park sebagai salah satu objek wisata di Tulungagung yang memiliki potensi besar, sehingga diperlukan strategi yang efektif untuk mengoptimalkan jumlah kunjungan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengidentifikasi strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengelola wisata Nangkula Park yang merupakan bentuk upaya pengelola dalam menarik minat kunjungan wisatawan. Minat kunjungan wisatawan merupakan faktor krusial bagi keberlanjutan dan keberhasilan suatu destinasi wisata. Yang mana pertanyaan penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pengembangan wisata yang diterapkan oleh pengelola untuk menarik minat kunjungan wisatawan pada destinasi wisata Nangkula Park? 2) Bagaimana tantangan yang dihadapi pengelola dalam menerapkan pengembangan wisata pada destinasi wisata Nangkula Park? Penelitian ini mengacu pada teori bauran pemasaran oleh E. Jerome McCarthy yaitu konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion) dengan menggunakan pendekatakan kualitatif dengan jenis studi kasus yang menggambarkan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan dengan teknik analisis data dan pengumpulan data dengan wawancara yang mendalam dengan jumlah empat informan, observasi langsung di lokasi, dan analisis dokumentasi terkait. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dengan pengecekan kebsahan berupa perpanjangan kehadiran peneliti, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan wisata yang diterapkan Nangkula Park meliputi beberapa aspek. Pertama, pengadaan rebranding berupa pembebasan biaya tiket masuk (price), pengadaan pujasera MaMi Nangkula dan pengadaan wahana mainan Sadewa serta mengadakan atraksi wisata budaya (product). Selanjutnya menggunakan instagram sebagai media atau tempat pemasarannya (place), dan yang terakhir dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan mendaftarkan karyawan kepada instansi terkait yang memberikan pelatihan-pelatihan tentang bagaimana mengelola suatu destinasi wisata termasuk juga cara menjadi content creator yang baik (promotion). Beberapa tantangan yang dihadapi, diantaranya adanya faktor pendanaan karena sumber dana ada pada dana desa, sedangkan dana desa itu sendiri tidak hanya diperuntukkan untuk wisata desa saja. Selanjutnya adalah adanya keterbatasan sumber dayamanusia yang dikarenakan Nangkula Park ini berdiri di desa Kendalbulur yang mayoritas masyarakatnya bergerak pada bidang pertanian dan peternakan sehingga awam dengan hal yang berhubungan dengan pariwisata begitupun pengembanganya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407211006 DHEA FEBTY EDNAWENINDA
Date Deposited: 15 Sep 2025 03:41
Last Modified: 15 Sep 2025 03:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61982

Actions (login required)

View Item View Item