ANDROMEDA PUTRI HERASTITA ANGGIPITASARI, 126209213106 and LARASATI WIDONINGTYAS, 199204252025212007 (2025) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS JENJANG SMP KELAS VIII DI SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (648kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi “Peningkatan Kreativitas Siswa melalui Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran IPS Jenjang SMP Kelas VIII di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Andromeda Putri Herastita Anggipitasari, NIM. 126209213106, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Larasati Widoningtyas, M.Pd. Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas Siswa, Pembelajaran IPS, Kelas VIII, SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS yang masih didominasi metode konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru menyebabkan siswa cenderng pasif, sehingga tidak mampu mengembangkan potensi berpikir kreatif secara optimal. Salah satu solusi alternatif yang dapat diterapkan adalah penggunaan model Project Based Learning (PjBL), yang mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih kontekstual, kolaboratif, dan berbasis pemecahan masalah nyata. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pemahaman dan pelaksaanaan PjBL di kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2024-2025? (2) Bagaimana peran aktif siswa dalam mengembangkan kreativitas melalui proyek IPS di kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2024-2025? (3) Bagaimana dinamika kerja sama dan komunikasi dalam pembelajaran berbasis proyek di kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2024-2025? (4) Bagaimana penilaian dan dampak pembelajaran terhadap hasil dan proses PjBL di kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2024-2025? (5) Bagaimana kendala dalam implementasi PjBL dan upaya mengatasinya di kelas VIII SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2024-2025? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman, pelaksanaan PjBL dan peran aktif siswa, dinamika kerja sama dan komunikasi, penilaian dan dampak PjBL, serta kendala apa saja yang ditemukan dalam menerapkan PjBL.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru IPS, dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Penerapan PjBL mendapat dukungan positif dari pihak sekolah. (2) Mampu meningkatkan kreativitas siswa melalui proyek-proyek pembelajaran yang menuntut ide orisinal, kerja sama, dan keberanian berekspresi. (3) Dinamika kerja sama dan komunikasi antar siswa terjalin baik dan memungkinkan terjadinya pembelajaran horizontal, di mana pemahaman tidak hanya dari guru, namun juga antar peserta didik, serta kendala yang ada masih bisa diatasi dengan baik. (4) Penilaian tidak hanya pada prosuk akhir, tetapi juga pada proses belajar. Dampak positifnya adalah meningkatnya motivasi siswa, keberanian berbicara di depan umum dan kemampuan berpikir kritis. (5) Kendala yang ada berupa waktu yang terbatas, siswa pasif, kurangnya pengawasan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209213106 ANDROMEDA PUTRI HERASTITA ANGGIPITASARI |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 01:14 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 01:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |