PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 2 BLITAR

MOH ZAIM MAFLUKI, 126201203329 and MOHAMMAD JA'FAR AS-SHODIQ, 199007142023211024 (2024) PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Active Learning pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Moh Zaim Mafluki, NIM 126201203329, dengan dosen pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M.Pd.I Kata Kunci: Metode Active Learning, Al-Qur’an Hadits, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi Realitas yang terjadi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits selama ini, dalam praktek mengajar di sekolah-sekolah pada umumnya lebih banyak berpusat pada guru Siswa pasif didalam kelas dan hanya menyaksikan ceramah guru di depan kelas. Hal ini dapat ditangani dengan mengubah pola atau sistem dengan mengefektifkan pembelajaran. Fokus penelitian ini ialah (1) perencanaan Metode Active Learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 2 Blitar?, (2) pelaksanaan Metode Active Learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 2 Blitar, (3) evaluasi Metode Active Learning pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTsN 2 Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, peneliti terjun ke lapangan sendiri agar mengetahui kejadian-kejadian secara langsung untuk melakukan study kasus. Peneliti mendatangi lokasi penelitian untuk mengamati kejadian-kejadian yang menjadi subjek, sumber data meliputi primer, dan skunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Wawancara dengan narasumber guru Al-Qur’an Hadits, waka kurikulum, siswa, dokumentasi dokumentasi sebagai pelengkap data. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data,verivikasi data. Pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan diskusi teman sejawat dan tahap-tahap penelitian. Hasil dari penelitian ini ialah: (1) Perencanaan Active Learning (a) Guru membuat perangkat pembelajaran. (b) Pembelajaran berpusat pada siswa (c) Siswa melaksanakan diskusi untuk meningkatkan kepemahaman siswa. (d) Guru menerapkan problem solving agar siswa mampu berpikir kritis. (e ) Kelas menjadi lebih dinamis usai menerapkan pembelajaran Active Learning (2) Pelaksanaan metode Active Learning (a) Metode Active Learning melibatkan semua metode untuk menjadikan siswa aktif dan berpikir kritis. (b) Siswa mampu menganalisis ayat yang berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan. (c) Guru menggunakan teknologi berupa video. (3) Evaluasi Metode Active Learning (a) Siswa dalam berdiskusi semakin lebih percaya diri (b) Nilai belajar siswa meningkat. (c) Evaluasi meliputi aspek kognitif dan psikomotorik (d) Guru meningkatkan keilmuan di bidang pembelajaran dengan mengikuti seminar atau workshop

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203329 MOH.ZAIM MAFLUKI
Date Deposited: 15 Sep 2025 07:05
Last Modified: 15 Sep 2025 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62056

Actions (login required)

View Item View Item