AL ZAHRA HASTI PUTRI, 126210211004 and BAGUS WAHYU SETYAWAN, 1234567890 (2025) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NASKAH DRAMA AYAHKU PULANG KARYA USMAR ISMAIL SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS DRAMA DI KELAS 11 SMA. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB l.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
BAB ll.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB lll.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB lV.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Al Zahra Hasti Putri. NIM 126210211004. 2025. Struktur Kepribadian Tokoh dalam Naskah Drama Ayahku Pulang Karya Usmar Ismail sebagai Alternatif Bahan Ajar Pembelajaran Membaca Teks Drama di Kelas 11 SMA. Skripsi. Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Bagus Wahyu Setyawan, M. Pd. Kata Kunci: Kepribadian, Bahan ajar, Naskah Drama Karya sastra merupakan suatu dunia imajinatif yang bersifat khayalan, jadi sastra itu hasil ciptaan pengarang sesudah ia melihat lingkungan sosial kehidupannya. Salah satu karya sastra ialah drama, drama berasal dari bahasa Yunani “dromai” yang berarti: berbuat, berlaku, bertindak, atau beraksi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh menurut Sigmund Freud dalam naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail, (2) mendeskripsikan relevansi dari naskah drama Ayahku Pulang sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran membaca teks drama di kelas 11 SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi teks. Objek penelitian ini berfokus pada teks berupa naskah drama. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari sumber naskah drama Ayahku Pulang berupa data kutipan naskah dan informan guru Bahasa Indonesia berupa data transkrip hasil wawancara. Teknik pengumpulan data dengan baca dan catat menggunakan instrumen kartu data dan wawancara menggunakan instrumen daftar pertanyaan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa naskah drama Ayahku Pulang karya Usmar Ismail mengenai struktur kepribadian tokoh di dalam diri Gunarto, Raden Saleh, Tina, Maimun, Mintarsih yang dibagi menjadi tiga, yaitu id, ego, superego. Ketiga struktur kepribadian menurut Sigmund Freud ditemukan semuanya di masing-masing tokoh. Tokoh Gunarto, struktur kepribadian yang paling dominan yaitu id. Dibuktikan dengan adanya dorongan agresi dan kebutuhan akan pengakuan rasa aman. Tokoh Raden Saleh (Ayah), struktur kepribadian yang paling dominan adalah id. Dibuktikan dengan adanya dorongan atas kesalahan masa lalu dan kebutuhan akan penerimaan keluarga. Sedangkan tokoh Tina (Ibu), struktur kepribadian yang paling dominan adalah ego. Dibuktikan dengan menjaga kehormatan keluarga dan kemampuan adaptasi. Selanjutnya Tokoh Maimun dan tokoh Mintarsih struktur kepribadian yang paling dominan adalah superego. Dibuktikan dengan adanya nilai toleransi dan pemaafan, serta kepatuhan pada orang tua. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya relevansi dari naskah drama Ayahku Pulang sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran membaca teks drama di kelas 11 SMA. Naskah drama Ayahku Pulang ini layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran teks drama. Berdasarkan Nio dalam Waluyo mengemukakan beberapa kriteria penting agar sebuah naskah drama layak diajarkan. Dari syarat-syarat Nio dalam Waluyo yang paling dominan adalah tingkat kematangan jiwa murid dan tingkat kesukaran bahasa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210211004 AL ZAHRA HASTI PUTRI |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:44 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |