STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA INDUSTRI KERAJINAN GENTENG “SUGITO NGLAYUR” DI TRENGGALEK

AHMAD RIZKI ARIANTO, 12405183026 and AHMAD BUDIMAN, 198002252014031001 (2025) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA INDUSTRI KERAJINAN GENTENG “SUGITO NGLAYUR” DI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (865kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi denga judul “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pendapatan Pada Industri Kerajinan Genteng “Sugito Nglayur” di Trenggalek” yang ditulis oleh Ahmad Rizki Arianto, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, NIM 12405183026, Pembimbing Ahmad Budiman, M.S.I Penelitian ini dilatar belakangi Pesatnya pertumbuhan usaha industri yang dimana menuntut pelaku usaha untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Salah satu industri lokal yang mampu bertahan di tengah persaingan dan tantangan zaman adalah Industri Genteng “Sugito Nglayur” yang berlokasi di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Berdiri sejak tahun 1997, industri ini memproduksi berbagai jenis genteng berbahan dasar tanah liat, seperti genteng mantili, kodok, press, gelombang, dan Baseke Super, yang menjadi produk unggulan. Fluktuasi pendapatan dalam lima tahun terakhir dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pandemi Covid-19 yang menyebabkan penurunan drastis. Namun, dengan penerapan strategi pemasaran yang adaptif dan pemanfaatan teknologi, industri ini berhasil kembali bangkit dan memperluas pasarnya hingga ke luar Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan pada industri kerajinan genteng “sugito nglayur” di Trenggalek. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik kondensasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) strategi yang telah diterapkan oleh Pemilik Usaha Genteng Sugito Nglayur yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran , product (produk), price (harga), promotion (promosi). 2) Kendala penerapan digital marketing yang dialami oleh pemilik Industri Genteng Sugito Nglayur adalah bagaimana cara pengoperasiannya. Kendala tersebut disebabkan oleh faktor usia yang sulit untuk belajar media online. 3) Demi meningkatkan pendapatan dari hasil penjualan gentengnya, pemilik belajar mengoperasikan media online agar bisa melakukan digital marketing untuk industrinya sendiri melalui berbagai sumber termasuk melalui pengepul. Dari pemaparan di atas menunjukkan bahwa adaptasi terhadap teknologi dan penerapan digital marketing menjadi faktor kunci dalam peningkatan pendapatan dan keberlanjutan usaha. Oleh karena itu, penguatan strategi pemasaran berbasis digital menjadi rekomendasi penting untuk mempertahankan daya saing industri di masa mendatang. Kata Kunci: strategi pemasaran, industri genteng, digital marketing

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Kinerja
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405183026 AHMAD RIZKI ARIANTO
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:33
Last Modified: 19 Sep 2025 01:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62147

Actions (login required)

View Item View Item