DEVIA ASTI MAHARANI, 126211211007 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 198912042023211023 (2025) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT KELAS VIII MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (662kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran sains yang didominasi guru sehingga peserta didik menjadi pasif, motivasi belajar cenderung rendah karena penyampaian materi kurang menarik, keterampilan proses sains mereka cenderung rendah karena jarang mendapat kesempatan berlatih untuk mengembangkan sikap peserta didik menemukan fakta, membangun ide, atau menerapkan teori dalam lingkungan belajar, dan materi tekanan zat yang dianggap sulit dan kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui adanya pengaruh model learning cycle 5e terhadap motivasi belajar pada materi tekanan zat kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (2) mengetahui adanya pengaruh model learning cycle 5e terhadap keterampilan proses sains pada materi tekanan zat kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (3) mengetahui adanya pengaruh model learning cycle 5e terhadap motivasi belajar dan keterampilan proses sains pada materi tekanan zat kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment menggunakan desain posttest only desaign dengan instrumen angket motivasi belajar dan instrumen observasi keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan pada 2 kelas, yaitu kelas VIII C (kelas eksperimen) dengan menerapkan model learning cycle 5e dan VIII B (kelas kontrol) menerapkan model pembelajaran teacher centered. Analisa data yang digunakan yakni uji instrumen (uji validitas dan reabilitas), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) kemudian dilanjut dengan uji hipotesis (uji T dan uji Manova). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Diperoleh nilai signifikan 0,000 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh learning cycle 5e terhadap motivasi belajar pada tekanan zat kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (2) Diperoleh nilai signifikan 0,000 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh learning cycle 5e terhadap keterampilan proses sains pada tekanan zat kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (3) Hasil uji t-test dan manova diperoleh nilai signifikan 0,000 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan yang ditunjukan signifikan 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model learning cycle 5e terhadap motivasi belajar dan keterampilan proses sains pada materi tekanan zat kelas VIII MTsN 2 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > E-Learning Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Fisika > Tekanan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211007 DEVIA ASTI MAHARANI |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 02:56 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 02:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |