ARININK FATHUR RIZQIYAH, 126201212201 and TIMBUL, 196110101992031002 (2025) IMPLEMENTASI ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AL HUDA BANDUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung” ini ditulis oleh Arinink Fathur Rizqiyah, NIM. 126201212201, dengan pembimbing Bapak Drs. H. Timbul, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Ice Breaking, Meningkatkan Motivasi Belajar, Akidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena adanya kondisi motivasi belajar siswa yang rendah, khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Rendahnya motivasi ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton, kurangnya variasi, serta perbedaan latar belakang masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Untuk Mengetahui Implementasi Ice Breaking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung, (2) Untuk Mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan Ice Breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung, dan (3) Untuk Mengetahui hambatan yang dihadapi pada saat implementasi Ice Breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Al Huda Bandung Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dimaksudkan agar peneliti dapat mendeskripsikan dan menganalisis apa yang terjadi dilapangan dengan lebih jelas dan detail. Lokasi yang digunakan adalah MTs Al Huda Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap (1) Pengumpulan Data, (2) Penyajian Data, dan (3) Kondensasi Data; (4) Kesimpulan: Penarikan/Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Ice Breaking dapat meningkatkan motivasi belajar caranya dimulai dari persiapan sebelum kegiatan pelajaran, pelaksanaan Ice Breaking di dalam kelas, Ice Breaking memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, Sekolah telah menjalankan berbagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar (seperti briefing pagi dan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)), Kontribusi guru dan implementasi metode Ice Breaking, evaluasi dan respon siswa. 2) Terdapat beberapa kelebihan seperti menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan partisipasi siswa, membangun kepercayaan antara siswa dan guru, mengurangi stres dan kebosanan, meningkatkan keterlibatan emosional, selain kelebihan-kelebihan yang telah dijelaskan, ditemukan kekurangan Ice Breaking seperti keterbatasan waktu, fokus siswa yang teralihkan, dan ketegangan pada guru. 3) Hambatan yang dihadapi berasal dari siswa, seperti kurang minat, kurang partisipasi, kurang komunikasi, dan perbedaan latar belakang. Selain itu dari guru, seperti kurang pengalaman, kurang waktu, kurang sumber daya, dan kurangnya kemampuan guru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212201 ARININK FATHUR RIZQIYAH |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:13 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |