IKA DESI TIANASARI, 1755154023 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V (Studi Multi Situs di SDIT Al-Aqsha Besole Kec. Besuki Kab. Tulungagung Dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Kec. Besuki Kab. Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
cover.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (978kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (151kB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Kelas V (Studi Multi Situs di SDIT Al-Aqsha Besole Kec. Besuki Kab. Tulungagung Dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Kec. Besuki Kab. Tulungagung)” yang ditulis oleh Ika Desi Tianasari dibimbing oleh Prof Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag dan Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa yang disebabkan karena model pembelajaran dari guru yang masih konvensional, minat baca siswa rendah, suasana belajar yang kurang menyenangkan dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca sehingga siswa merasa jenuh dan terbebani mengikuti proses belajar mengajar. Pertanyaan penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah (1) Bagaimana tujuan model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDIT Al-Aqsha Besole Besuki dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Besuki Tulungagung? (2) Bagaimana tanggungjawab tiap individu pada model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDIT Al-Aqsha Besole Besuki dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Besuki Tulungagung? (3) Bagaimana kesempatan siswa pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V SDIT Al-Aqsha Besole Besuki dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Besuki Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan tujuan model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDIT Al-Aqsha Besole Besuki dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Besuki Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan tanggungjawab tiap individu pada model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDIT Al-Aqsha Besole Besuki dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Besuki Tulungagung. (3) Untuk menjelaskan kesempatan siswa pada model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia siswa kelas V SDIT Al-Aqsha Besole Besuki dan SDI Muhammadiyah Tanggulwelahan Besuki Tulungagung. Peneliti mengunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multisitus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan, triangulasi, pembahasan teman sejawat. Setelah data terkumpul dilakukan analisis situs tunggal kemudian dilanjutkan dengan analisis lintas situs. Hasil penelitian Tesis ini adalah: (1). Tujuan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu membantu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDIT Al-Aqsha dan SDI Muhammadiyah karena peserta didik disini tidak hanya dituntut bisa menjawab pertanyaan saja, tetapi mereka harus benar-benar memahami isi bacaannya, menemukan kata yang sulit, bahkan mereka bisa menemukan permasalahan apa yang ada dalam bacaan. (2). Setiap individu mempunyai tanggungjawab penuh dalam menyelesaikan tugas dalam model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). (3). Peserta didik memiliki kesempatan yang sama di tiap kelompok untuk menyelesaikan tugas, kesempatan yang sama untuk sukses dalam mencapai tujuan pembelajaran dan menjadi pengalaman belajar dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 1755154023 IKA DESI TIANASARI |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 02:53 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6222 |
Actions (login required)
View Item |