KONFLIK SOSIAL DALAM FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS DRAMA DI SMA NEGERI 1 KARANGAN

NAFI'ATUN NUR AZIZAH, 126210212069 and MUYASSAROH, 198211272023212017 (2025) KONFLIK SOSIAL DALAM FILM ANIMASI BATTLE OF SURABAYA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR TEKS DRAMA DI SMA NEGERI 1 KARANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (994kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Konflik Sosial dalam Film Animasi Battle of Surabaya dan Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Teks Drama di SMA Negeri 1 Karangan” ini ditulis oleh Nafi’atun Nur Azizah, NIM. 126210212069, dengan pembimbing Muyassaroh, S.S., M.Pd. Kata kunci: film animasi, konflik sosial, teks drama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena konflik sosial yang terjadi di kalangan remaja. Oleh sebab itu, peserta didik perlu diberikan pendidikan sosial guna membentuk peserta didik menjadi individu yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat yang aktif, kritis, dan beretika. Pendidikan ini dapat diajarkan melalui pembelajaran teks drama. Pembelajaran teks drama bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan mengembangkan keterampilan peserta didik, baik kognitif, sosial, emosional, serta komunikasi. Pembelajaran drama dapat ditunjang dengan media film animasi. Film animasi Battle of Surabaya dipilih karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyampaikan representasi sosial berupa konflik sosial. Hal ini bertujuan agar peserta didik memahami karakter, memahami emosi, dan memahami sebuah konflik dari sudut pandang berbeda, serta berpikir kritis terhadap isu-isu sosial melalui kegiatan yang kreatif dan kolaboratif. Penelitian ini mengkaji bentuk konflik sosial dalam film animasi Battle of Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bentuk konflik sosial dalam film animasi Battle of Surabaya dan (2) pemanfaatan konflik sosial dalam film animasi Battle of Surabaya sebagai materi ajar teks drama di SMA Negeri 1 Karangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif dengan teknik analisis teks. Analisis teks adalah menemukan elemen-elem teks yang terdapat dalam film animasi Battle of Surabaya untuk dikaji secara mendalam. Pada penelitian ini, terdapat dua sumber data, yaitu film animasi Batttle of Surabaya dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik dokumentasi digunakan untuk menemukan data dalam film animasi Battle of Surabaya. Sementara itu, teknik wawancara digunakan untuk memastikan bahwa film animasi Battle of Surabaya dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar teks drama di SMA Negeri 1 Karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ditemukan empat bentuk konflik sosial dalam film animasi Battle of Surabaya, yaitu: (a) konflik atau pertentangan pribadi, yang meliputi perselisihan antarteman, kesalahpahaman antarteman, perbedaan pandangan, rasa menyesal, dan rasa sedih; (b) konflik atau pertentangan antara kelas-kelas sosial, yang meliputi kesenjangan sosial; (c) kudeta, perampasan senjata perang, intimidasi, dan pelanggaran perjanjian; dan (d) konflik atau pertentangan yang bersifat internasional, yang meliputi konflik atau pertentangan politik, yang meliputi peperangan antara rakyat Indonesia dengan tentara Belanda dan Sekutu, peperangan antara rakyat Indonesia dengan tentara Jepang, peperangan pasukan Belanda dan Sekutu dengan pasukan Jepang, dan (2) hasil wawancara dengan narasumber menunjukkan bahwa film animasi Battle of Surabaya dapat dimanfaatkan pada pembelajaran teks drama, yaitu pengembangan naskah drama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210212069 NAFI'ATUN NUR AZIZAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 07:05
Last Modified: 23 Sep 2025 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62386

Actions (login required)

View Item View Item