CINDY WULANDARI, 126306202063 and FEBRANTI PUTRI NAVION, 199009212019032026 (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI ASRAMA FALASTHINE PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (25kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Cindy Wulandari, NIM: 126306202063 “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Santri Di Asrama Falasthine Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang”. Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kata kunci: kemandirian belajar, prestasi belajar, santri Prestasi belajar penting bagi setiap siswa atau santri karena prestasi belajar wujud nyata dari kualitas dan kuantitas yang diperoleh seseorang siswa atau santri dengan pencapaian atau usaha yang dimiliki. Dengan kemampuan untuk mengasah kelebihan lebih tinggi sehingga menimbulkan daya kreativitas yang tinggi untuk terus belajar dan berusaha untuk peluang masa depan yang cerah menjadi lebih besar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar santri di asrama falasthine pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. metode pendekatan kuantitatif berdasarkan pada data-data yang diperoleh, ditujukan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. hasil kategorisasi data menunjukkan bahwa Kemandirian Belajar dan Prestasi belajar anggota santri Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang mayoritas dalam kategori tinggi. Sehingga dengan tingginya Kemandirian Belajar dapat memberikan dampak yang positif bagi para santri. Secara tidak langsung hal ini dapat meningkatkan prestasi belajar para santri tersebut. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana diperoleh hasil bahwa nilai konstanta variabel Prestasi Belajar sebesar 187.400 sedangkan nilai koefisien regresi Kemandirian Belajar sebesar 0,225. Koefisien regresi memiliki nilai positif yang berarti dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan sebaliknya Ho ditolak, yang berarti terdapat pengaruh variabel Kemandirian Belajar terhadap variabel Prestasi Belajar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
| Depositing User: | 126306202063 CINDY WULANDARI |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:58 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 02:58 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
