PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG

ALIFAH ILYANA, 126209211003 and AGUS EKO SUJIANTO, 197108072005011003 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS VII DI MTSN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (794kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Model pembelajaran yang kurang menarik dalam pelajaran IPS sering kali membuat siswa menjadi mudah bosan dalam kegiatan pembelajaran hal ini juga berdampak pada motivasi belajar siswa. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran yang menggunakan active learning yaitu team quiz yang dalam kegiatannya mendorong siswa untuk berkolaborasi dalam tim, melakukan diskusi, bertanya, menjawab, memberikan arahan, mengemukakan pendapat, dan menyampaikan informasi. Sehingga diharapkan membuat siswa menjadi termotivasi dalam kegiatan pembelajaran IPS. Penelitian ini menetapkan empat rumusan masalah dimana variabel motivasi diturunkan menjadi empat indikator yang didasarkan pada teori Jhon M. Keller yaitu perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan. Adapun rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap perhatian siswa? (2) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap relevansi belajar siswa? (3) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap kepercayaan diri siswa? (4) Bagaimana pengaruh team quiz terhadap kepuasan belajar siswa?. Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap perhatian siswa (2) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap relevansi belajar siswa (3) untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran team quiz terhadap kepercayaan diri siswa? (4) untuk mengetahui pengaruh team quiz terhadap kepuasan belajar siswa. Studi yang telah dilaksanakan di MTsN 2 Tulungagung di kelas VII B dan C menunjukkan bahwa model pembelajaran team quiz berpengaruh signifikan terhadap perhatian siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0.003<0.05. Pembelajaran team quiz berpengaruh signifikan terhadap relevansi belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0.023<0.05. Pembelajaran team quiz berpengaruh signifikan terhadap percaya diri siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0.000<0.05. Pembelajaran team quiz berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa dengan nilai sig. (2-tailed) 0.030<0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran team quiz berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar yang diturunkan yang diturunkan menjadi empat indkator yaitu perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211003 ALIFAH ILYANA
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:24
Last Modified: 20 Oct 2025 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62531

Actions (login required)

View Item View Item