FARIDATUL AZIZAH, 126209212100 and BAGUS SETIAWAN, 198803152023211025 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (840kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (526kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB III..pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB IV..pdf Restricted to Registered users only Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul " Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Peningkatan Keterampilan Berargumentasi Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Srengat Blitar " Ini ditulis oleh Faridatul Azizah, NIM. 126209212100, Pembimbing Bagus Setiawan, M.Pd., NIDN. 2015038801 Kata Kunci: Model Pembelajaran Example Non Examples, keterampilan berargumentasi, siswa Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa yang ketika pembelajaran kurang semangat dan cenderung pasif. Siswa menganggap pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial membosankan dan sulit sehingga keaktifan siswa rendah. Keaktifan siswa yang rendah ini akan berpengaruh pada keterampilan berargumentasi siswa. Siswa yang keaktifan belajarnya rendah cenderung pasif sehingga keterampilan berargumentasinya rendah. Upaya yang dapat dilakukan agar keterampilan siswa meningkat dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dan menarik salah satunya dengan model pembelajaran example non examples. Model pembelajaran example non examples menjadikan siswa aktif dan lebih semangat sehingga keterampilan berargumentasinya meningkat. Penggunaan model pembelajaran example non examples ini juga dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi. Rumusan masalahnya adalah 1) Adakah pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Srengat? 2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Srengat? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Srengat. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Srengat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Srengat. Sampel penelitian ini 30 siswa kelas kontrol dan 27 siswa kelas ekperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket keterampilan berargumentasi. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji T yaitu uji Independent sampel T-Test dan Uji Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran example non examples berpengaruh terhadap peningkatan berargumentasi siswa pada mata pelajaran IPS SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Uji Cohen's d yang memperoleh nilai 6,140 yaitu 6,140 > 0,8 maka terdapat pengaruh yang besar pada penggunaan model pembelajaran example non examples terhadap peningkatan keterampilan berargumentasi siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Srengat Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212100 FARIDATUL AZIZAH |
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:15 |
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |