NAFI'UR ROHMAN, 126209211029 and NUR ISROATUL KHUSNA, 198703262019032018 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (682kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (750kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul " Pengaruh Penggunaan Metode Giving Question And Getting Answer Terhadap Berpikir Kritis Dan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung" Ini ditulis oleh Nafi‘ur Rohman, NIM. 126209211029, Pembimbing Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd., NIP. 198703262019032018. Kata Kunci: Metode Giving Question And Getting Answer, Berpikir Kritis, Keaktifan Penelitian ini berlatar belakang dari keadaan siswa ketika pembelajaran cenderung pasif. Siswa menganggap pelajaran IPS membosankan dan sulit sehingga siswa tidak dapat berpikir kritis. Hal inilah yang mengakibatkan keaktifan siswa rendah.Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan metode yang tepat dan menarik salah satunya dengan metode giving question and getting answer. Metode giving question and getting answer ini menjadikan siswa merasa senang dalam pembelajaran sehingga dapat berpikir kritis dan aktif selama pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru? (2) Adakah pengaruh penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer terhadap berpikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru. (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan IPS di SMP Negeri 2 Ngantru. (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer terhadap berpikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasy Experimental Design dan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini semua siswa kelas SMPN 2 Ngantru. Sampel penelitian ini 24 siswa kelas kontrol dan 27 siswa kelas ekperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes berpikir kritis dan lembar observasi keaktifan siswa. Analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji T yaitu uji Independent sampel T-Test dan Uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (2) Penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. (3) Penggunaan metode Giving Questions And Getting Answer berpengaruh terhadap berpikir kritis dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ngantru. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini dibuktikan dari perolehan Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H₀ ditolak dan H₁ diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211029 NAFI'UR ROHMAN |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |