ILMA NAFI’ATUS ZAKIYA, 126208212050 and NIZAR AZIZATUN NIKMAH, 1993041220201128 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS X DI MAN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Berbasis Kelompok Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X di MAN 2 Blitar” ditulis oleh Ilma Nafi’atus Zakiya, NIM. 126208212050, Program Studi Tadris Biologi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen pembimbing Nizar Azizatun Nikmah, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Outdoor Learning, Sikap Peduli Lingkungan, Pencemaran Lingkungan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X MAN 2 Blitar pada materi pencemaran lingkungan. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang kurang variatif dan belum melibatkan siswa secara aktif maupun lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran inovatif dan kontekstual yang memberikan pengalaman langsung. Salah satu model yang sesuai adalah Outdoor Learning berbasis kelompok, yang mengintegrasikan pembelajaran dengan eksplorasi lingkungan secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap sikap peduli lingkungan siswa, dan 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran Outdoor Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design menggunakan desain Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas X-D sebagai kelas eksperimen dan kelas X-J sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan angket sikap peduli lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran Outdoor Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis (Sig. 0,000 < 0,05). 2) model pembelajaran Outdoor Learning berpengaruh terhadap sikap peduli lingkungan (Sig. 0,000 < 0,05), dan 3) model pembelajaran Outdoor Learning berpengaruh terhadap keduanya berdasarkan uji MANOVA (Sig. 0,000). Dengan demikian, model ini efektif diterapkan dalam pembelajaran Biologi pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Lingkungan Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Islàm Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208212050 ILMA NAFI'ATUS ZAKIYA |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 04:29 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |