LUSIA EKA RIZKY AMALIA, 2817133094 (2017) IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Lusia Eka Rizky Amalia, NIM. 2817133094, Pemimbing Luluk Atirotu Zahroh M.Pd. Kata Kunci :Reward, punishment, Kedisiplinan. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh pendidikan yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik. Salah satunya adalah pendidikan yang di dalamnya terdapat penanaman nilai kedisiplinan. Penanaman nilai kedisiplinan merupakan salah satu upaya MI Miftahul ulum untuk dapat mencegah perilaku negatif pada peserta didik. Peserta didik nantinya dapat diarahkan, dilatih, dan ddidik seperti apa yang diharapkan. Penelitian ini di fokuskan pada: 1) Bagaimana prores implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana hasil implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui proses implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengetahui hasil implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar Tahun pelajaran 2016/2017. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi mengenai implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, sedangkan observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui kegiatan sehari-hari peserta didik dan menggali data tentang sarana dan prasarana sekolah. Analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber dan review informan. Hasil penelitian: (1) Proses implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum yaitu dengan tata tertib yang ada di sekolah itu diberikan kepada peserta didik dari mulai masuk, mereka diperkenalkan dengan yang namanya tata tertib yang harus ditaati dan dijalani setiap harinya oleh peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo. Guru memberikan penanaman kepada peserta didik agar peserta didik dapat bertanggung jawab dengan peraturan yang ada di MI Miftahul Ulum. (2) kelebihan dan kekurangan dari implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik MI Miftahul Ulum yaitu, kelebihan ataupun kekurangan dari pemberian reward itu sesuai dengan karakter masing-masing peserta didik. Mereka yang mendapat reward menjadi termotivasi dan lebih giat untuk menjalankan disiplin. Akan tetapi tidak jarang ditemui mereka yang mendapat reward akhirnya menjadi besar kepala atau merasa sombong. Tergantung dari karakter santri masing-masing. Adapun kelebihan dan kekurangan dari pemberian punishment kepada peserta didik, untuk kelebihanya peserta didik lebih dapat meningkatkan kedisiplinan, namun dengan adanya punishment ada beberapa peserta didik yang minder bahkan terasingkan.(3) Hasil dari implementasi reward dan punishment untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di sekolah yaitu bahwa tata tertib yang telah dibuat merupakan rancangan untuk membentuk disiplin diri. Semua itu dapat dilihat dari kegiatan sehari-hari di MI Miftahul Ulum . Hasil dari implemetasi reward dan punishment itu sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi belum mencapai maksimal. Peserta didik berusaha untuk mengikuti kegiatan belajar dengan baik dam berusaha tidak melanggar tata tertib. Dengan adanya penerapan reward dan punishment tersebut, maka peserta didik dapat mengontrol perilakunya dan tidak merasa terbebani karena telah menjadi kebiasaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133094 LUSIA EKA RIZKY AMALIA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:58 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6265 |
Actions (login required)
View Item |