STRATEGI PROMOSI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus di Momma Food Tulungagung)

NASTA IHDINA NUR ASYSAM, 126405212132 and SUMINTO, 197904072025211008 (2025) STRATEGI PROMOSI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN TIKTOK DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus di Momma Food Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Promosi Berbasis Media Sosial Instagram dan Tiktok Dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Momma Food Tulungagung)” ini ditulis oleh Nasta Ihdina Nur Asysam, NIM. 126405212132. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Suminto, M.Pd. I Kata kunci: Bauran Promosi, Media Sosial, Instagrram, Tiktok, Minat Beli Konsumen Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya kemudahan di era digital mendorong banyak pengusaha untuk ikut serta dalam memanfaatkan fasilitas media digital sebagai sarana promosi. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi. Media sosial ini menawarkan keunggulan dalam hal penyajian konten visual yang menarik serta jangkauan yang luas dalam waktu singkat. Pelaku usaha, khususnya usaha kecil di bidang kuliner, memanfaatkan kedua platform ini untuk menarik perhatian konsumen, menyampaikan informasi produk. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih keilmuan tentang (1) strategi promosi advertising berbasis media sosial Instagram dan Tiktok dalam menarik minat beli konsumen pada Momma Food Tulungagung (2) strategi promosi personal selling berbasis media sosial Instagram dan Tiktok dalam menarik minat beli konsumen pada Momma Food Tulungagung dan (3) strategi promosi sales promotion berbasis media sosial Instagram dan Tiktok dalam menarik minat beli konsumen pada Momma Food Tulungagung. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik, karyawan, dan konsumen, serta observasi langsung di lokasi usaha. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu imulai dari pengumpulan data, kondensasi data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi promosi Advertising berbasis media sosial Instagram dan Tiktok dalam menarik minat beli konsumen pada Momma Food Tulungagung dengan menampilkan informasi produk yang mudah ditemukan, desain visual media yang menarik, serta informasi yang disampaikan secara jelas dan terpercaya dalam menarik minat beli konsumen. (2) Strategi promosi personal selling berbasis media sosial Instagram dan Tiktok dalam menarik minat beli konsumen pada Momma Food Tulungagung melakukan pendekatan langsung via media sosial dan interaksi di outlet. Karyawan berperan aktif sebagai wiraniaga, membangun komunikasi dua arah untuk memahami kebutuhan konsumen. Penguasaan informasi, kejelasan komunikasi, dan kemampuan mengidentifikasi konsumen baru dan lama menjadi kunci utama dalam menarik minat beli konsumen. (3) Strategi promosi sales promotion berbasis media sosial instagram dan tiktok dalam menarik minat beli konsumen Momma Food Tulungagung. Momma Food melakukan berbagai bentuk promo menarik seperti diskon, bundling, dan promo dadakan. Promosi didesain secara kreatif dan informatif agar mampu menarik perhatian konsumen.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Promosi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405212132 NASTA IHDINA NUR ASYSAM
Date Deposited: 03 Oct 2025 01:25
Last Modified: 03 Oct 2025 01:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62723

Actions (login required)

View Item View Item