PENGARUH EFFORT EXPECTANCY, SOCIAL INFLUENCE, DAN HEDONIC MOTIVATION TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

ILHAMI VIKRY HAIKAL, 126401213114 and RISDIANA HIMMATI, 199310062019032024 (2025) PENGARUH EFFORT EXPECTANCY, SOCIAL INFLUENCE, DAN HEDONIC MOTIVATION TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING BANK SYARIAH PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Effort Expectancy, Social Influence, dan Hedonic Motivation terhadap Penggunaan Layanan Mobile Banking Bank Syariah pada Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung” ini ditulis oleh Ilhami Vikry Haikal, NIM. 126401213114, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Risdiana Himmati, M.Si. Kata kunci: effort expectancy, social influence, hedonic motivation, mobile banking, bank syariah, mahasiswa. Penelitian ini membahas pengaruh effort expectancy, social influence, dan hedonic motivation terhadap penggunaan layanan mobile banking bank syariah pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Latar belakang penelitian ini adalah pesatnya perkembangan teknologi digital yang mendorong perubahan perilaku masyarakat, termasuk mahasiswa, dalam mengakses layanan keuangan. Namun, tingkat adopsi mobile banking bank syariah di kalangan mahasiswa masih relatif rendah dibandingkan layanan konvensional. Oleh karena itu, penelitian ini penting untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam menggunakan mobile banking bank Syariah. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan survei, melibatkan mahasiswa aktif pengguna mobile banking bank syariah sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa effort expectancy berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap penggunaan mobile banking bank syariah. Sebaliknya, social influence dan hedonic motivation terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan. Artinya, pengaruh dari lingkungan sosial serta motivasi kesenangan dan pengalaman menyenangkan saat menggunakan aplikasi menjadi faktor utama yang mendorong mahasiswa untuk menggunakan mobile banking bank syariah. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan mobile banking. Penelitian ini merekomendasikan agar bank syariah lebih menekankan strategi pemasaran berbasis pengaruh sosial dan peningkatan pengalaman pengguna untuk mendorong penggunaan mobile banking di kalangan mahasiswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401213114 ILHAMI VIKRY HAIKAL
Date Deposited: 06 Oct 2025 03:53
Last Modified: 06 Oct 2025 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62828

Actions (login required)

View Item View Item