PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTICULLATE STORYLINE TERHADAP KERJASAMA DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 5 DI MI MIFTAHUL HUDA SUMBERINGIN KARANGAN

FAHRUL FITO SETIAWAN, 126205212186 and AGUS ZAENUL FITRI, 198108012009121004 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ARTICULLATE STORYLINE TERHADAP KERJASAMA DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 5 DI MI MIFTAHUL HUDA SUMBERINGIN KARANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Fahrul Fito Setiawan, 126205212186, Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Articullate Storyline Terhadap Kerjasama dan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MI MiftahulHuda Sumberingin. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata Kunci: Model PBL, Articullate Storyline, Kerjasama, Pemahaman Konsep Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembelajaran IPAS yang dilakukan di kelas masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga membuat peserta didik pasif dalam proses belajar. Hal tersebut membuat peserta didik kurang mampu dalam memahami konsep ilmu yang diberikan oleh guru dan kurangnya komunikasi yang dilakukan oleh peserta didik kepada peserta didik lain serta peserta didik dengan guru menjadikan suasana monoton di kelas. Selain itu, kerjasama antar peserta didik kurang diasah sehingga dapat menimbulkan sifat individualisme. Oleh karena itu, peneliti ingin membuktikan adanya pengaruh model PBL Berbantuan Articullate Storyline terhadap Kerjasama dan Pemahaman Konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MI Miftahul Huda Sumberingin. Penelitian ini memiliki tujuan adalah sebagai berikut; (1) Mengetahui pengaruh model PBL Berbantuan Articullate Storyline terhadap kerjasama peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MI MiftahulHuda Sumberingin, (2) Mengetahui pengaruh model PBL berbantuan Articullate Storyline terhadap pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MI Miftahul Huda Sumberingin, (3) Mengetahui pengaruh model PBL berbantuan Articullate Storyline terhadap kerjasama dan pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas 5 di MI MiftahulHuda Sumberingin.Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-experimental design. Desain ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivanlent Control Group Design. Desain ini terdapat pre-test yang dilakukan sebelum perlakuan dan post-test sesudah perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan test. Teknik analisa data menggunakan uji T-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan terhadap kerjasama peserta didik yang dibuktikan dengan uji-t diperoleh nilai sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) Terdapat pengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep yang dibuktikan dengan uji-t diperleh sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (3) Terdapat pengaruh signifikan terhadap kerjasama dan pemahaman konsep yangdibuktikan dengan uji MANOVA diperoleh nilai sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212186 FAHRUL FITO SETIAWAN
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:33
Last Modified: 07 Oct 2025 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62872

Actions (login required)

View Item View Item