STRATEGI KOMUNIKASI MASSA HUMAS KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMONGAN MELALUI AKUN INSTAGRAM @kemenaglamongan SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEAGAMAAN

AMALIYATUL MA’RUFAH, 126304212129 and LUTHFI ULFA NI’AMAH, 198610152015032004 (2025) STRATEGI KOMUNIKASI MASSA HUMAS KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMONGAN MELALUI AKUN INSTAGRAM @kemenaglamongan SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEAGAMAAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Komunikasi Massa Humas Kementerian Agama Kabupaten Lamongan Melalui Akun Instagram @kemenaglamongan Sebagai Media Informasi Keagamaan” ini ditulis oleh Amaliyatul Ma’rufah, 126304212129, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Pembimbing Dr. Luthfi Ulfa Ni’amah, M.Kom.I Kata Kunci: Strategi Komunikasi Massa, Media Sosial, Informasi Keagamaan Kemajuan teknologi telah mendorong munculnya tren baru di kalangan praktisi humas dalam menyebarkan informasi, yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi massa yang diterapkan oleh Humas Kementerian Agama Kabupaten Lamongan melalui akun Instagram @kemenaglamongan sebagai media informasi keagamaan. Dalam era digital saat ini, media sosial menjadi salah satu saluran penting untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kementerian Agama Kabupaten Lamongan memanfaatkan Instagram untuk menyebarkan informasi keagamaan, meningkatkan interaksi dengan masyarakat, dan membangun citra positif lembaga. Strategi komunikasi yang diterapkan meliputI identifikasi audiens untuk menyesuaikan konten yang relevan, merencanakan penyajian konten yang informatif dan edukatif. Interaksi aktif dengan followers dan pemanfaatan fitur Instagram, seperti hashtag dan Instagram Stories, juga menjadi bagian penting dari strategi komunikasi. Selain itu, evaluasi berkala terhadap strategi yang dijalankan membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan. Penelitian ini juga menemukan faktor pendukung, seperti tingginya minat masyarakat terhadap informasi keagamaan, kreativitas dalam pengelolaan konten, dan dukungan pimpinan. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat, termasuk keterbatasan sumber daya manusia yang terampil, kurangnya fasilitas, anggaran yang terbatas, serta tantangan dalam menghasilkan ide konten kreatif dan membalas pesan langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: 126304212129 AMALIYATUL MA'RUFAH
Date Deposited: 07 Oct 2025 01:46
Last Modified: 07 Oct 2025 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62877

Actions (login required)

View Item View Item