LULUK BAIKUNA, 126209211018 and JANI, 196602101985031001 (2025) PERAN GURU IPS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB VI..pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Luluk Baikuna, NIM. 126209211018, Pembimbing Drs. H. Jani. M.M.. M.Pd Kata Kunci : Peran Guru, Ilmu Pengetahuan Sosial, Minat Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya minat siswa tentang belajar. Oleh sebab itu,guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial ikut berperan dalam membimbing dan membina siswa agar menjadi siswa yang minat belajar nya meningkat mengingat pentingnya bagi seorang siswa agar terus giat belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah (1) Bagaimana peran guru mata pelajaran IPS sebagai fasilitor dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2024/2025? (2) Bagaimana peran guru mata pelajaran IPS sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2024/2025? (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat peran guru mata pelajaran IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2024/2025. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan-kegiatan yang ada di SMP Negeri 1 Srengat Kabupaten Blitar, wawanacara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi tentang masalah yang diteliti, serta data dokumen sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran guru IPS sebagai fasilitator dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan cara mendampingi siswa dalam proses pembelajaran berlangsung,membimbing siswa dalam belajar sesuai dengan kemampuan siswa. 2) Peran guru sebagai guru IPS sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan cara selalu memberikan motivasi kepada siswa seberapa pentingnya mereka untuk belajar dan jugaa memberikan motivasi dengan cara memutarkan video yang berisi motivasi hidup.3) Faktor Pendukung dan Penghambat peran guru IPS dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII yaitu sarana dan prasarana yang memadai,guru yang mudah diajak untuk sharing tentang pembelajaran, jam mengajar yang kurang efisien,banyak siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar dikarenakan faktor psikologi, keluarga dan teman. Selain itu pengaruh lingkungan sekitar, yaitu teman bergaul dari anak-anak dan kurangnya literasi yang dilakukan oleh siswa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209211018 LULUK BAIKUNA |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:50 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |