SATRIA EKA YUDHA PANGESTU, 12402183368 (2024) SARANA PRASARANA SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Rumah Makan Resto Winna Joglo Tulungagung ). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (697kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (244kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (571kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Sarana Prasarana Sebagai Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam”( Studi Kasus Resto Winna Joglo Tulungagung) ini ditulis oleh Satria Eka Yudha Pangestu, NIM. 12402183368, dengan Pembimbing Prof. Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Restoran merupakan suatu tempat atau bangunan yang diorganisir secara komersil dalam menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada pelanggan baik berupa makanan dan minuman, salah satunya yaitu Resto Winna Joglo. Resto Winna Joglo sangatlah menarik untuk diambil penelitian, dikarenakan Resto Winna Joglo memiliki keunikan serta khas tersendiri dari Resto tersebut yaitu konsep desain tradisional yang mengangkat adat jawa di perkembangan zaman modern ini. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengidentifikasi sarana prasarana yang disediakan oleh Resto Winna Joglo 2) Untuk mengetahui sarana prasarana tersebut dapat meningkatkan loyalitas konsumen di Resto Winna Joglo 3) Untuk mengetahui sarana prasarana di Resto Winna Joglo ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yang mengacu pada kondisi objek secara ilmiah. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Pencarian data tersebut dilakukan melalui wawancara kepada Bapak Anjar Handrianto selaku pemilik Resto Winna Joglo, Pengelola, Manager serta beberapa pelanggan dari Resto Winna Joglo dan melakukan observasi langsung terhadap sarana dan prasarana yang berada di Resto Winna Joglo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sarana Prasarana yang disediakan oleh Resto Winna Joglo meliputi kapasitas rumah makan yang mencakup jumlah meja dan kursi yang sudah mencukupi para pelanggan, Fasilitas perlatan dapur yang sudah mencukupi, Fasilitas restoran yang meliputi toilet, mushola, area parkir sudah mencukupi para pelanggan maupun karyawan, Kebersihan yang terjaga, dan pemilik serta para staf mengadakan pelatihan khusus untuk para karyawan dalam meningkatkan skill para karyawan untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan. 2) Pemenuhan sarana dan prasarana yang berada di Resto Winna Joglo berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, para pelanggan sudah mendapatkan kepuasan terhadap sarana prasarana yang berada di Resto Winna Joglo. Persentase peningkatan loyalitas konsumen diestimasi berdasarkan asumsi bahwa semakin lengkap sarana dan prasarana, semakin puas pelanggan, yang berujung pada peningkatan loyalitas yaitu sebesar 20% setiap bulannya, hal itu dapat dilihat dari pendapatan yang didapat oleh Resto Winna Joglo. Serta para pelanggan melakukan pengunjungan lebih dari satu kali,merekomendasikan kepada masyarakat lain, dan membicarakan tentang hal-hal postif dari pengalaman berkunjung di Resto Winna Joglo. 3) Dilihat dari Perspektif Ekonomi Islam, Pemilik Resto sudah cukup mengintergrasikan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam perencanaan dan implementasi strategi sarana prasarana yang berada di Resto Winna Joglo, dan Pemilik Resto Winna Joglo memiliki aspek khusus dari sarana prasarana yang dirancang dengan mempertimbangkan nilai-nilai ekonomi islam, seperti keadilan, keberlanjutan dan saling menguntungkan Kata Kunci: Sarana Prasarana, Loyalitas Konsumen, Ekonomi Islam
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | 12402183368 SATRIA EKA YUDHA PANGESTU |
| Date Deposited: | 07 Oct 2025 03:25 |
| Last Modified: | 07 Oct 2025 03:25 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
