PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MODUL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

EQUILLA NAJWA SYILVIA, 126204211022 and UMMU SHOLIHAH, 198008222008012018 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MODUL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALJABAR DI KELAS VIII MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Syilvia, Equilla Najwa. 2025. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Aljabar di Kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si Kata Kunci: Problem Based Learning, Modul Interaktif, Hasil Belajar, Aljabar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh model pembelajaran yang diterapkan dilapangan merupakan pembelajaran konvensional sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi pasif karena hanya mendengarkan dan membuat siswa merasa jenuh karena tidak sesuai dengan minat peserta didik dan berpengaruh terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa guna mencapai keberhasilan belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dan menarik sehingga siswa akan lebih semangat belajar yaitu dengan meggunakan perpaduan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis modul interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Modul Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi Aljabar di Kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangaan Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar pengaruh model Problem Based Learning berbasis modul interaktif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi aljabar di Kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan proses pembelajaran dikelas, tes hasil belajar berupa soal essay yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data yang dapat menunjang penelitian. Teknik analisis data menggunakan statistic nonparametris, yaitu Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis modul interaktif terhadap hasil belajar siswa pada materi aljabar. (2) Besar pengaruh model Problem Based Learning berbasis modul interaktif terhadap hasil belajar siswa tergolong dalam kategori pengaruh sedang, dengan nilai effect size sebesar

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211022 EQUILLA NAJWA SYILVIA
Date Deposited: 07 Oct 2025 08:26
Last Modified: 07 Oct 2025 08:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62957

Actions (login required)

View Item View Item