Upaya Guru Matematika Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas Akselerasi Di MAN Rejotangan

Khusnawati, Riza (2014) Upaya Guru Matematika Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Kelas Akselerasi Di MAN Rejotangan. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
vi-xix.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (68kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Kelas Akselerasi, Prestasi Belajar Guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya untuk mencerdaskan peserta didik, menjadikan peserta didik beriman, dan menjadikannya generasi yang unggul. Peserta didik mempunyai potensi yang beragam sekali. Mereka itu memiliki tingkat kecakapan, kecerdasan, minat, bakat, dan kreativitas yang berbeda-beda. Sehingga perlu dikembangkan keunggulan yang dimiliki oleh peserta didik agar potensi yang dimiliki menjadi prestasi yang unggul. Seperti dengan adanya kelas akselerasi. Kelas akselerasi merupakan terobosan yang dilakukan pihak sekolah guna menampung, mengarahkan, serta mendukung pengembangan potensi yang dimiliki para peserta didiknya. Layanan pendidikan pada kelas akselerasi mempunyai muara yakni torehan prestasi belajar yang memuaskan pada diri peserta didik. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh berupa kesan-kesan yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai hasil dari kreativitas belajar. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) Untuk mengetahui upaya guru matematika dalam menciptakan suasana belajar peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan. (2) Untuk mengetahui upaya guru matematika dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan. (3) Untuk mengetahui upaya guru matematika dalam memberikan teladan bagi peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan. (4) Untuk mengetahui cara guru matematika menjelaskan tujuan pembelajaran bagi peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan. (5) Untuk mengetahui cara guru matematika menginformasikan hasil-hasil belajar yang dicapai peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan. (6) Untuk mengetahui penghargaan yang diberikan oleh guru matematika atas prestasi yang dicapai peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Data yang digunakan adalah data hasil wawancara dengan guru matematika dan peserta didik, data hasil observasi, dan data dari dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan, serta pengecekan keabsahan data melalui ketekunan peneliti, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan setelah mengadakan kegiatan penelitian di lapangan antara lain: (1) Upaya guru matematika dalam menciptakan suasana belajar peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan, yaitu: komunikatif dengan peserta didik, mengingatkan pada peserta didik agar selalu bertanya ketika mengalami kesulitan, memancing peserta didik dengan cara memberikan pertanyaan agar mereka mau bertanya, menciptakan suasana xv demokratis di kelas, menerapkan tutor teman sebaya, menggunakan modul dalam pembelajaran, dan menggunakan fasilitas belajar dengan baik. (2) Upaya guru matematika dalam mengoptimalkan hasil belajar peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan, yaitu: sering memberikan latihan soal maupun PR dan setiap selesai satu bab maka diadakan ulangan, menerapkan pada peserta didik agar tidak membawa catatan ketika mengerjakan soal di depan kelas, menanyai pada peserta didik tentang jawaban yang telah dikerjakannya, model pembelajaran yang diterapkan adalah konvensional, memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran, dan mendampingi peserta didik apabila mengalami kesulitan. (3) Upaya guru matematika dalam memberikan teladan bagi peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan, yaitu: dengan menunjukkan perilaku yang disiplin di sekolah dan menunjukkan manfaat dari matematika pada diri peserta didik supaya mereka cinta dengan pelajaran matematika. (4) Cara guru matematika menjelaskan tujuan pembelajaran bagi peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan, yaitu sebelum memulai pelajaran, guru matematika terlebih dahulu menyampaikan materi apa yang akan dipelajari dan apa yang akan diperoleh, sehingga peserta didik dapat fokus dan memiliki gambaran tentang materi yang akan dipelajari. (5) Cara guru matematika menginformasikan hasil-hasil belajar yang dicapai peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan, yaitu: dengan memberitahukan nilai peserta didik, membagikan hasil ulangan, dan memberitahukan jawaban dari soal-soal dengan cara membahasnya. (6) Penghargaan yang diberikan oleh guru matematika atas prestasi yang dicapai peserta didik pada kelas akselerasi di MAN Rejotangan, yaitu: memberikan pujian, tepuk tangan, memberikan tambahan nilai pada diri peserta didik, dan memberikan permen maupun jajanan kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 08 Oct 2014 03:28
Last Modified: 08 Oct 2014 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item