PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEPUTUSAN KARIER MAHASISWA TINGKAT AKHIR BIMBINGAN KONSELING ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

DIANA KHARISMA RAHMAWATI, 126306211013 and KARISMA KHOIRUL HIDAYAH, 1996050220231425 (2025) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP SELF-EFFICACY DAN KEPUTUSAN KARIER MAHASISWA TINGKAT AKHIR BIMBINGAN KONSELING ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (847kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Self-efficacy dan Keputusan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung" ini ditulis oleh Diana Kharisma Rahmawati, NIM. 126306211013, dengan pembimbing Ibu Karisma Khoirul Hidayah, M.Pd. Kata kunci: intensitas penggunaan TikTok, self-efficacy, keputusan karier, mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan media sosial TikTok di kalangan mahasiswa yang tidak hanya digunakan sebagai sarana hiburan, namun juga sebagai media untuk memperoleh informasi dan motivasi dalam perencanaan masa depan. Intensitas penggunaan TikTok diduga dapat memengaruhi aspek psikologis mahasiswa, seperti self-efficacy, serta berdampak pada bagaimana mahasiswa mempertimbangkan dan menentukan karier. Hal ini relevan untuk diteliti terutama pada mahasiswa tingkat akhir yang berada pada fase persiapan memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap self-efficacy serta untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap keputusan karier dan bagaimana tingkat kategori intensitas penggunaan media sosial TikTok, self-efficacy, dan keputusan karier mahasiswa tingkat akhir Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survey terhadap 93 responden yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Uses and Gratifications, yang menjelaskan bahwa individu menggunakan media untuk memenuhi berbagai kebutuhan kognitif, afektif, integrasi sosial, dan pelarian. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana menggunakan program SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial TikTok berpengaruh signifikan terhadap self-efficacy, dan juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan karier mahasiswa tingkat akhir Bimbingan Konseling Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306211013 DIANA KHARISMA RAHMAWATI
Date Deposited: 10 Oct 2025 01:21
Last Modified: 10 Oct 2025 01:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63041

Actions (login required)

View Item View Item