EKA DIANI MEIDITA, 12402183320 and REFKI RUSYADI, 198612272023211020 (2025) STRATEGI PEMASARAN 7P DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA PENGERAJIN KAYU MEBEL UD. UNTUNG TANEN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran 7P dalam Meningkatkan Pendapatan pada Pengerajin Kayu Mebel UD. Untung Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Eka Diani Meidita, NIM.12402183320, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Refki Rusyadi, S.S., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Pendapatan, Pengerajin Mebel. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan pendapatan yang diperoleh pada pengrajin kayu mebel pada beberapa waktu terakhir karena adanya kendala dalam menghadapi persaingan pasar. Tantangan ini menuntut UD. Untung untuk menyusun dan menerapkan strategi pemasaran yang lebih tepat dan efektif dalam menghadapi dinamika pasar, salah satunya yaitu dengan melakukan inovasi dan pengembangan strategi pemasaran 7P. Tujuan penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) penerapan strategi pemasaran 7P yang dilakukan oleh pengrajin kayu mebel UD. Untung Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pendapatan; dan (2) pendapatan pengrajin kayu mebel UD. Untung Tanen setelah menerapkan strategi pemasaran 7P. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu konsep Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) UD. Untung Tanen Rejotangan Kabupaten Tulungagung menerapkan strategi pemasaran 7P dengan fokus pada kualitas produk, harga yang kompetitif, dan distribusi yang efisien. Perusahaan mengutamakan bahan baku berkualitas dan desain produk yang beragam, serta menawarkan harga yang kompetitif dan fleksibilitas pembayaran. Pemasaran dilakukan melalui media sosial dan promosi dari mulut ke mulut. UD. Untung juga memprioritaskan seleksi karyawan yang teliti, memberikan pelatihan rutin, dan memberi insentif untuk meningkatkan kinerja. Proses produksi yang efisien dan fasilitas pemajangan produk yang mendukung meskipun masih terbatas. (2) Penerapan strategi pemasaran 7P di UD. Untung telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan perusahaan dalam tiga tahun terakhir terbukti adanya peningkatan pendapatan dari tahun 2022 hingga tahun 2024. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran dengan bauran 7P terbukti efektif dan telah memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan pendapatan perusahaan. Secara keseluruhan, strategi bauran pemasaran 7P membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan, meningkatkan pendapatan, memperluas pasar dan menjaga loyalitas pelanggan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Pendapatan Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402183320 EKA DIANI MEIDITA |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 02:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |