PENGARUH PENJUALAN BERSIH, HARGA POKOK PENJUALAN, DAN BEBAN PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PT UNILEVER INDONESIA TBK.

ADINDA DWI ARINI, 126403213081 and FIA RAHMA, 199112082020122010 (2025) PENGARUH PENJUALAN BERSIH, HARGA POKOK PENJUALAN, DAN BEBAN PENJUALAN TERHADAP LABA BERSIH PT UNILEVER INDONESIA TBK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penjualan Bersih, Harga Pokok Penjualan dan Beban Penjualan Terhadap Laba Bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. ini ditulis oleh Adinda Dwi Arini, 126403213081, Progam Studi Akuntansi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Fia Rahma, S.E., M..S.A. Kata kunci: Penjualan Bersih, Harga Pokok Penjualan, Beban Penjualan, Laba Bersih, PT Unilever Indonesia Tbk. Persaingan bisnis yang semakin ketat, baik di tingkat nasional maupun global, menuntut perusahaan untuk terus menjaga dan meningkatkan kinerja keuangan agar mampu bertahan dan berkembang. PT Unilever Indonesia Tbk sebagai salah satu perusahaan terkemuka di sektor barang konsumsi cepat habis (FMCG) menghadapi berbagai tantangan, mulai dari kenaikan biaya produksi, perubahan perilaku konsumen, hingga isu sosial seperti gerakan boikot. Dalam situasi seperti ini, laba bersih menjadi tolok ukur penting untuk menilai efisiensi dan keberhasilan manajerial dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh penjualan bersih, harga pokok penjualan, dan beban penjualan terhadap laba bersih, (2) menganalisis pengaruh penjualan bersih terhadap laba bersih, (3) menganalisis pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba bersih, (4) menganalisis pengaruh beban penjualan terhadap laba bersih Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif metode deskriptif asosiatif, yang bertujuan menggambarkan dan mengukur seberapa kuat hubungan antara variabel-variabel tersebut. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulanan PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2014-2024. Analisis dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25.0, menggunakan metode regresi linear berganda, yang didahului oleh uji asumsi klasik serta dilanjutkan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penjualan bersih, harga pokok penjualan dan beban penjualan secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. (2) Penjualan bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. (3) Harga pokok penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk. (4) Beban penjualan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih pada PT Unilever Indonesia Tbk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Harga
Ekonomi > Jual Beli
Ekonomi > Laba
Ekonomi > Pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403213081 ADINDA DWI ARINI
Date Deposited: 13 Oct 2025 02:23
Last Modified: 13 Oct 2025 02:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63098

Actions (login required)

View Item View Item