NANDA DWI KHOIRONI, 126207211024 and SULISTYORINI, 196512152003122001 (2025) STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENGOPTIMALKAN LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA ERA DIGITAL DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (448kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Tata Usaha dalam Mengoptimalkan Layanan Administrasi pada Era Digital di SMPN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nanda Dwi Khoironi dengan NIM. 126207211024, pembimbing Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Kepala Tata Usaha, Optimalisasi Administrasi Digital, Dampak Digitalisasi Layanan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi Kepala Tata Usaha dalam mengoptimalkan layanan administrasi di era digital. Meskipun SMP Negeri 1 Tulungagung masih berada pada tahap semi-digital, upaya transformasi terus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan secara berkelanjutan. Digitalisasi administrasi menjadi penting untuk mempercepat proses kerja dan meningkatkan akurasi data, yang berdampak langsung pada kualitas layanan kepada siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan strategi Kepala Tata Usaha dalam mengoptimalkan layanan administrasi pada era digital di SMPN 1 Tulungagung; 2) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi layanan administrasi berbasis digital; dan 3) menganalisis dampak digitalisasi terhadap efisiensi dan kualitas layanan administrasi sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yang diperoleh dari sumber data yaitu Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, staff Tata Usaha , dan Guru. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Strategi Kepala Tata Usaha dalam mengoptimalkan layanan administrasi pada era digital dilakukan melalui tiga pendekatan utama, yaitu penerapan sistem digital secara bertahap, peningkatan keterampilan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan teknis, serta membangun kolaborasi yang harmonis dengan staf administrasi. Berbagai sistem digital yang telah diterapkan meliputi e-Rapor, Dapodik, website sekolah, dan absensi elektronik untuk tenaga kependidikan. 2) Tantangan dalam implementasi digitalisasi administrasi meliputi keterbatasan kemampuan staf dalam mengoperasikan teknologi, ketidakseimbangan infrastruktur, serta resistensi sebagian pegawai terhadap perubahan. Untuk mengatasi hal ini, sekolah melakukan pelatihan informal, pendampingan teknis, dan digitalisasi secara bertahap. 3) Dampak digitalisasi terhadap layanan administrasi menunjukkan hasil positif, di antaranya efisiensi waktu kerja, penurunan tingkat kesalahan data, dan peningkatan kualitas layanan informasi, yang mempermudah akses data bagi guru, siswa, dan orang tua.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Keuangan Islam Kinerja Pegawai Layanan Publik |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207211024 NANDA DWI KHOIRONI |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 03:40 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 03:40 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
