STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENGOPTIMALKAN LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA ERA DIGITAL DI SMPN 1 TULUNGAGUNG

NANDA DWI KHOIRONI, 126207211024 and SULISTYORINI, 196512152003122001 (2025) STRATEGI KEPALA TATA USAHA DALAM MENGOPTIMALKAN LAYANAN ADMINISTRASI SEKOLAH PADA ERA DIGITAL DI SMPN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (448kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Kepala Tata Usaha dalam Mengoptimalkan Layanan Administrasi pada Era Digital di SMPN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Nanda Dwi Khoironi dengan NIM. 126207211024, pembimbing Prof. Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Kepala Tata Usaha, Optimalisasi Administrasi Digital, Dampak Digitalisasi Layanan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya strategi Kepala Tata Usaha dalam mengoptimalkan layanan administrasi di era digital. Meskipun SMP Negeri 1 Tulungagung masih berada pada tahap semi-digital, upaya transformasi terus dilakukan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan secara berkelanjutan. Digitalisasi administrasi menjadi penting untuk mempercepat proses kerja dan meningkatkan akurasi data, yang berdampak langsung pada kualitas layanan kepada siswa, guru, dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan strategi Kepala Tata Usaha dalam mengoptimalkan layanan administrasi pada era digital di SMPN 1 Tulungagung; 2) mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi layanan administrasi berbasis digital; dan 3) menganalisis dampak digitalisasi terhadap efisiensi dan kualitas layanan administrasi sekolah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi yang diperoleh dari sumber data yaitu Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha, staff Tata Usaha , dan Guru. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Strategi Kepala Tata Usaha dalam mengoptimalkan layanan administrasi pada era digital dilakukan melalui tiga pendekatan utama, yaitu penerapan sistem digital secara bertahap, peningkatan keterampilan sumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan teknis, serta membangun kolaborasi yang harmonis dengan staf administrasi. Berbagai sistem digital yang telah diterapkan meliputi e-Rapor, Dapodik, website sekolah, dan absensi elektronik untuk tenaga kependidikan. 2) Tantangan dalam implementasi digitalisasi administrasi meliputi keterbatasan kemampuan staf dalam mengoperasikan teknologi, ketidakseimbangan infrastruktur, serta resistensi sebagian pegawai terhadap perubahan. Untuk mengatasi hal ini, sekolah melakukan pelatihan informal, pendampingan teknis, dan digitalisasi secara bertahap. 3) Dampak digitalisasi terhadap layanan administrasi menunjukkan hasil positif, di antaranya efisiensi waktu kerja, penurunan tingkat kesalahan data, dan peningkatan kualitas layanan informasi, yang mempermudah akses data bagi guru, siswa, dan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: Keuangan Islam
Kinerja Pegawai
Layanan Publik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211024 NANDA DWI KHOIRONI
Date Deposited: 21 Oct 2025 03:40
Last Modified: 21 Oct 2025 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63105

Actions (login required)

View Item View Item