PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR

DILLALA RIZKY SAMPOERNA WASONO, 126201202073 and EVY RAMADINA, 199303052020122017 (2025) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING DI MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (688kB)
[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.PDF

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Dillala Rizky Sampoerna Wasono, NIM.126201202073, dengan pembimbing Evy Ramadina. S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru, Akidah Akhlak, Bullying Tingginya frekuensi bullying di madrasah dalam bentuk verbal, maupun psikologis yang berdampak negatif terhadap kondisi mental dan prestasi siswa. Faktor dalam pembentukan watak dan kepribadian peserta didik adalah mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Akidah aklak merupakan bagian integral dari pendidikan agama Islam yang memiliki kontribusi untuk mengetahui bagaimana perilaku, sifat, karakter, dan motivasi guru kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran akidah akhlak sebagai pembina karakter umat Islam. Guru Akidah Akhlak memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai keislaman dan akhlak sebagai pondasi karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai komunikator dalam mengatasi perilaku bullying di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam mengatasi perilaku bullying di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru akidah akhlak sebagai mentor dalam mengatasi perilaku bullying di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Tahap- tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk bullying di madrasah ini verbal meliputi ejekan, hinaan, panggilan negatif. Dalam menghadapinya, guru Akidah Akhlak menjalankan peran sebagai komunikator yang membangun interaksi efektif dengan siswa. Guru Akidah Akhlak memiliki peran penting dalam mengatasi bullying melalui pendekatan edukatif berbasis nilai-nilai keislaman. (2) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai motivator yang memberikan semangat dan dorongan dalam menguatkan akhlak siswa untuk mengatasi perilaku bullying. Bentuk motivasinya berupa memberi contoh perilaku yang baik kepada siswanya supaya apa yang diucapkan sesuai dengan tindakannya. (3) Peran Guru Akidah Akhlak sebagai mentor yang memberikan arahan dan petunjuk sesuai nilai-nilai keislaman secara konsisten, dalam mengatasi perilaku bullying, dengan cara mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik agar terciptanya lingkungan madrasah yang bebas bullying, dampaknya intensitas perilaku bullying menurun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202073 DILLALA RIZKY SAMPOERNA WASONO
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:29
Last Modified: 15 Oct 2025 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63152

Actions (login required)

View Item View Item